Sembunyikan Foto dan File di HP dengan 3 Cara Ini

Rewriter: Desy WulandariRujukan: Detik.com
Sembunyikan Foto dan File di HP dengan 3 Cara Ini
Ilustrasi (Tribun Jogja)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Foto atau file merupakan privacy seseorang yang terkadang tidak ingin diketahui orang lain. Oleh karena itu, saat ini banyak orang mencari cara agar bisa menyembunyikan hal itu di handhpone. Karena terkadang, orang lain bisa dengan mudah melihat atau membaca file pribadi.

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menyembunyikan foto atau file di HP. Apa saja? Sebegaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com yang dikutip dari Pop Science, berikut ini penjelasannya:

Apple Photos dan Google Photos

Di Apple Photos sudah ada fitur yang digunakan untuk menyembunyikan foto, sentuh ‘Share button’ kemudian pilih Hide.

Namun, jika seseorang mau mengintipnya, mereka masih dapat menemukan file-file ini dengan mengetuk ‘Albums’ dan ‘Hidden’, jadi mereka tidak terkunci selamanya. Untuk memperlihatkan foto atau video, temukan di album ‘Hidden’, lalu ketuk ‘Share’ dan ‘Unhide’.

Google Foto untuk Android dan iOS pun memiliki fitur arsip yang dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan foto dan video di sejumlah aplikasi. Fitur ini membuat foto tidak akan terlihat di foto utama yang merupakan layar yang biasanya dibuka orang bolak-balik saat ingin tahu isi HP seseorang.

Dari tab ‘Photos’, buka satu foto atau video, ketuk tombol Menu (tiga titik, kanan atas) lalu ‘Move to archive or Delete from device’. Untuk menyembunyikan sekumpulan foto dan video sekaligus, tekan lama pada yang foto pertama hingga tercentang, lalu ketuk item lain yang ingin Anda arsipkan. Selanjutnya, ketuk tombol Menu dan pilih ‘Move to archieve’.

Baca Juga: Filter IG Terbaru

Aplikasi Pengunci File

Jika Anda benar-benar ingin serius mengunci foto, video, dan file lain dari orang lain, install salah satu dari banyak aplikasi pengunci file khusus. Setelah file ditempatkan, Anda memerlukan kata sandi atau kode PIN khusus untuk bisa mengaksesnya.

Bagi pengguna Samsung, Samsung sudah memiliki aplikasi loker bawaan yaitu ‘Secure Folder’. Dari ‘Settings’, pilih ‘Lock screen and security’, lalu lanjut ke ‘Secure Folder’ untuk membuat folder aman. Dengan cara ini, mereka dapat melindungi file tersebut dengan pola, kode PIN, kata sandi, atau data biometrik (seperti sidik jari).

Keepsafe untuk Android dan iOS juga bisa digunakan untuk menyembunyikan foto. Akan ada kontrol PIN sederhana untuk menjaga keamanan foto dan video pribadi milik Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis tetapi kadang disela iklan.

Baca Juga: Ini Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan

Folder Lock for Android

Opsi lain yang disarankan adalah Folder Lock for Android, yang sangat serbaguna. Anda dapat mengunci file dengan PIN, pola, kata sandi, atau sidik jari, memindahkan file dari dalam atau luar aplikasi, dan membuat folder khusus di dalam folder yang ada untuk mengatur semua file pribadi.

 


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.