Ini Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan

  • Bagikan
Ini Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan
Ini Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan

PortalMadura.com– Baterai HP anda boros padahal tidak anda gunakan, coba cek penyebab baterai HP cepat habis padahal tidak digunakan dibawah ini.

Biasanya semakin besar kapasitas baterai HP akan berbanding lurus dengan lama daya tahan sebuah HP. Sehingga sebuah HP dapat digunakan tanpa perlu di charge ulang dalam waktu yang lama. Dan akan berkuruang presentase kapasitasnya sat Hp sedang digunakan terutama saat menjalankan aplikasi berat dan layar hidup.

Akan tetapi banyak sekali orang yang mengeluh, baterai HP miliknya cepat habis padahal kondisi HP tidak digunakan atau dalam posisi standby.

Padahal seharusnya dalam posisi standby dimana layar HP mati maka setidaknya dapat bertahan seharian, karena konsumi baterai.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Berikut ini beberapa penyebab baterai HP cepat habis padahal tidak digunakan yang umum ditemui terkait permalasahan baterai HP yang suka habis sendiri.

1. Baterai HP Mulai Rusak/ Tidak Optimal

Daya tahan sebuah baterai HP semakin lama memang akan semakin berkurang, dimana terdapat jangka waktu pemakaian sebuah baterai. Hal tersebut sangat wajar, karena setiap baterai memiliki kemampuan isi ulang yang berbeda.

Seperti baterai jenis Li-Ion dapat diisi ulang hingga 1000 kali, belum lagi setiap baterai juga memiliki karakteristik masing-masing.

Jika Baterai sudah tidak bekerja optimal atau mulai rusak, ini akan menyebabkan kapasitas baterai menurun dui bandingkan sebelumnya.

Dan biasanya ada tanda-tanda fisik yang terjadi pada betari HP saat mulai mengalami kerusakan, sepeti bentuk yang berubah atau tetrlihat kembung.

Kondisi bateri kembung dapat dengan mudah diketahui, terutama pada HP yang menggunakan sistem bateri tanam, diaman akan membuat casing HP anda terlihat mengembung atau tidak rapat.

Untuk itu sebaiknya anda segera mengganti baterai HP, selain kinerja HP yang tidak akan optimasl seprti baterai cepat habis. Ada resiko HP anda akan meledak saat dibiarkan kembung.

2. Aplikasi Background Services Terlalu Banyak

Perlu diketahui, walaupun sebuah HP dalam posisi layar mati (stand-by), akan tetapi sebenarnya terdapat aplikasi-aplikasi tertentu masih berjalan tanpa kita ketahui. Ini disebeut aplikasi background services (latar belakang).

Dalam prosesnya aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang ini akan menggunakan memori (RAM), dan tentunya membutuhakn tenaga dari baterai dan  akan sangat menguras daya tahan baterai. Terlebih lagi jika  jumlahnya banyak.

Umumny aplikasi-aplikasi seperti  browser, alarm, panggilan, aplikasi chatting, dan media sosial yang berjalan di latar belakang. Untuk itu anda harus bijak dalam memberikan akses pada aplikasi apa saja yang boleh berjalan di latar belakang.

Selain aplikasi yang berjalan di latar belakang, fitur-fitur bawaan HP juga bisa menghabiskan kapasitas baterai tanpa disadari, lho. Contohnya seperti:

  • GPS
  • WIFI
  • Data Seluler
  • Bluetooth

Anda bisa mematikan fitur-fitur tersebut jika memang tidak digunakan, atau setidaknya menguranginya supaya tidak berjalan bersamaan.

Baca Juga: 7 Cara Download Video dari Youtube Tanpa Aplikasi Tambahan

3. Baterai Perlu Dikalibrasi Ulang

Tahukah anda jika pola pengisian daya dapat menyebabkan baterai anda bermasalah, dan tentu akan membuat baterai HP anda cepat habis walau tidak digunakan.

Karena terjadi “error” pada angka prosentasi isi baterai yang tidak sama dengan kondisi aslinya.

Untuk itu anda perlu memperhatikan cara charger baterai anda, dan jika perlu melakukan kalibrasi pada baterai.

Kalibrasi baterai dapat memberikan nilai asli dari kapasitas baterai anda, sehingga anda bisa memutuskan apakah harus mengganti baterai baru atau tidak.

Penulis: Muhammad ZakariyaEditor: Firman G. A.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.