oleh

Sengaja Tak Sikat Gigi Malam Hari, Ini yang Terjadi pada Kesehatan Anda

PortalMadura.Com – Menjaga kebersihan dan kesehatan gigi memang sangat penting dilakukan. Baik itu di pagi atau malam hari. Kebiasaan ini mungkin terbilang sulit, karena tidak semua orang bisa dengan rutin melakukannya.

Namun, bagi orang yang aktif merawat kebersihan mulut. Biasanya tidak akan penah lupa untuk sikat gigi malam hari. Tapi bagaimana jika Anda menghadapi situasi di mana tidak bisa sikat gigi malam hari?. Atau memang dengan sengaja tidak sikat gigi malam hari. Apakah ada akibatnya?.

Menurut Chief Dental Officer of Dental Corp, Dr. Gary Glassman mengatakan,”Jika kamu melewatkan kebiasaan sikat gigi malam hari sekali saja, kamu akan membuat kebiasaan buruk mengembangkan banyak bakteri di dalam mulut”. Orang-orang mungkin lebih mudah sikat gigi di pagi hari saat mandi. Tapi tidak tahu bahwa telah merusak gigi dalam semalam.

Ketika malam hari Anda melewatkan sikat gigi, rongga mulut akan lebih asam dari biasanya sehingga bisa membentuk plak. Suasana asam ini juga dimanfaatkan bakteri untuk berkembang biak dan merusak gigi. Bukan hanya itu, bakteri-bakteri ini akan menimbulkan bau mulut.

“Jika kamu lupa sikat gigi malam hari sekali, hal ini memang tidak berpengaruh banyak pada gigi dan kesehatan mulut, tapi penting untuk tidak menjadikan hal buruk ini kebiasaan,” tambah Dr. Gary Glassman.

Karena, bukan hanya akan mengikis enamel gigi, tapi juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan jika pada akhirnya Anda mengalami gigi berlubang. Jadi mulai sekarang, rutinlah untuk gosok gigi malam hari sebelum tidur. (Vemale.com/Putri)


Tirto.ID
Loading...

Komentar