Sepuluh Puskesmas Batal Jadi BLUD

Avatar of PortalMadura.com
Sepuluh Puskesmas Batal Jadi BLUD
dok. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan, Ismail Bey

PortalMadura.Com, – Sebanyak sepuluh Puskesmas di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur batal dijadikan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Sepuluh Puskesmas tersebut meliputi Puskesmas Talang, Kadur, Pegantenan, Proppo, Waru, Sopaah, Pakong, Tampojung Pregi, Palengaan, dan Pasean.

“Penyebabnya, belum terakdreditasi dan minim Sumber Daya Manusia (SDM), dan pengelolaan keuangan,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan, Ismail Bey, Rabu (27/2/2019).

Diakui, untuk sarana dan prasarananya sudah lengkap. Saat ini, pihaknya tengah fokus untuk proses akreditasi serta memaksimalkan sepuluh Puskesmas yang gagal dijadikan BLUD tersebut.

Ia memprediksi pada tahun 2020 sebanyak 20 Puskesmas harus menjadi BLUD. Untuk Puskesmas Bulangan Haji, Teja, Larangan, Panaguan, Pademawu, Batumarmar, Kowel, Tlanakan, Bandaran, dan Galis sudah siap di kelola dengan sistem BLUD. “Rencananya tahun ini,” tegasnya.

Pemkab bersama DPRD sudah mempersiapkan pendampingan dalam rangka penyusunan dokumen untuk sepuluh Puskesmas yang dinyatakan siap jadi BLUD.

“Ini membutuhkan waktu tiga sampai empat bulan untuk proses penilaian. September atau Oktober bisa resmi sebagai Puskemas BLUD,” tandasnya.

Ketika seluruh Puskesmas bisa menjadi BLUD, maka pelayanan akan lebih maksimal dan pengelolaannya sudah bisa mandiri.

“Tujuannya biar pelayanan maksimal, jadi masyarakat juga yang akan merasakan manfaatnya,” pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.