Sering Belanja Online? Perhatikan 5 Hal Ini Saat Terima Pesanan

Avatar of PortalMadura.com
Sering-Belanja-Online-Perhatikan-5-Hal-Ini-Saat-Terima-Pesanan
Ilustrasi (telset.id)

PortalMadura.Com – Di tengah pesatnya perkembangan teknologi seperti sekarang, belanja online sudah menjadi bagian dari kehidupan yang tidak bisa dikesampingkan. Banyak orang mulai memilih belanja secara praktis, tanpa harus sibuk ke pasar, toko atau mall kesayangan.

Tapi, peran belanja online yang semakin tinggi tentu perlu diikuti dengan sikap kehati-hatian dari pembeli. Pasalnya, ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar kegiatan belanja online tidak merugikan diri sendiri. Salah satunya yaitu memahami apa saja yang harus dilakukan saat pesanan tiba.

Dilansir PortalMadura.Com, Jumat (22/4/2022) dari laman Idntimes.com, berikut lima hal yang penting dilakukan pelanggan saat menerima pesanan online, menurut Tokopedia:

Jangan Buru-buru Klik ‘Selesaikan Pesanan'

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, pembeli harus memastikan terlebih dahulu produk yang diterima betul-betul sesuai dengan pesanan. Sebab, bila pengguna sudah meng-klik ‘Selesaikan Pesanan', otomatis dana akan langsung diteruskan Tokopedia ke penjual.

Segera Cek Barang

Selanjutnya, saat membuka paket, ambil foto atau lakukan video unboxing sebagai bukti atas produk yang diterima. Apabila produk yang diterima tidak sesuai dengan pesanan atau deskripsi produk, klik ‘Ajukan Komplain' dan sertakan bukti yang diperlukan.

Bukti ini bisa dalam bentuk foto atau video untuk mendapatkan solusi yang terbaik. Dana hanya akan diteruskan Tokopedia ke penjual, jika produk yang diterima sudah sesuai dengan pesanan pembeli.

Perhatikan Batas Waktu Komplain

Apabila barang yang diterima bermasalah, pembeli dapat mengajukan komplain dalam waktu maksimal 2×24 jam sejak status pesanan tiba di tujuan.

“Pastikan Anda mengajukan komplain sesuai dengan batas waktu, supaya kendala bisa ditangani di Pusat Resolusi Tokopedia,” ujar Ekhel.

Cek Ongkos Kirim

Jika mengalami kendala biaya pengiriman yang tidak sesuai, maka pengguna dapat mengajukan pengembalian ongkos kirim kepada penjual.

Pengguna hanya perlu mengajukan komplain dan sertakan alasan biaya pengiriman berbeda, lalu unggah bukti foto yang menampilkan ketidaksesuaian biaya pengirimannya.

Jangan Lupa Kasih Review

Review atau ulasan dari pembeli bisa sangat membantu penjual meningkatkan reputasi toko. Karena, ulasan dari pembeli bisa membantu mendukung kemajuan penjual. Berikan ulasan sesuai dengan barang yang Anda terima. Sebeliknya, jangan asal memberikan komentar yang tidak jelas agar tidak merugikan penjual.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.