Sering Bertukar Sikat Gigi? Ini 4 Penyakit Berbahaya yang Bisa Ancam Kesehatan Anda

Avatar of PortalMadura.com
Sering Bertukar Sikat Gigi? Ini 4 Penyakit Berbahaya yang Bisa Ancam Kesehatan Anda
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan salah satu benda pribadi yang seharusnya tidak dipinjam-pinjamkan pada orang lain. Mengapa demikian?.

Selain karena tidak higienis, penyebab lain jika suka meminjamkan sikat gigi, bisa saja Anda membagi kuman di tubuh Anda pada orang lain. Kebiasaan bertukar sikat gigi ini juga mampu menimbulkan berbagai penyakit membahayakan. Penasaran?.

Berikut empat penyakit yang bisa mengancam kesehatan Anda jika sering bertukar sikat gigi:

Penyakit Gusi
Sering bertukar sikat gigi bisa menyebabkan penularan bakteri seperti streptococcus yang membuat Anda berisiko terkena penyakit gusi, sariawan, hingga pendarahan di dalam mulut.

Herpes Oral
Kebiasaan berbagi sikat gigi dengan orang lain juga mampu menyebarkan virus herpes simpleks, dari orang lain yang penderitanya. Akibatnya, Anda bisa mengalami herpes oral.

Hepatitis
Menurut penelitian tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of viral hepatitis, penyakit hepatitis C bisa ditularkan melalui berbagi sikat gigi. Hepatitis akan ditandai dengan hilangnya nafsu makan, mual, dan sakit kuning.

Mononukleosis
Disebabkan oleh virus Epstein-Barr (EBV), mononucleosis sangat menular. Dan penularannya bisa menyebar melalui air liur dan darah. Gejalanya meliputi sakit kepala, mual, hingga demam.

Meski terlihat sederhana, ternyata kebiasaan bertukar sikat gigi mampu menyebarkan empat penyakit berbahaya di atas. Maka dari itu, mulai sekarang hentikan kebiasaan buruk itu. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.