Sering Jadi Topik Gosip? Lakukan 4 Hal ini

  • Bagikan
Sering-Jadi-Topik-Gosip-Lakukan-4-Hal-ini
Ilustrasi (inhilklik.com)

PortalMadura.Com – Saat ini gosip memang menjadi aktivitas yang di gemari oleh hampir kebanyakan orang, utamanya para tetangga yang tidak senang terhadap Anda, lebih-lebih saat melihat pencapaian Anda. Beberapa tetangga memiliki sifat yang baik dan sering mendukung Anda serta ramah, namun ada pula tetangga yang kadang justru lebih senang jika melihat Anda terjatuh dan merasa geram jika Anda berhasil.

Kita mungkin tidak bisa menjadikan semua orang seperti apa yang kita mau, kita juga tidak bisa menentukan bagaimana sikap orang lain kepada kita, namun kita bisa menentukan bagaimana sikap kita kepada orang lain. Jika selama ini Anda kerap menjadi topik gosip tetangga Anda, maka Anda tidak perlu risau, Anda harus tetap bersikap tenang dan menganggap semuanya baik-baik saja. Dilansir dari Kompas.Com, Kamis (29/4/2021) inilah lima hal yang bisa Anda lakukan jika tetangga Anda menyebar gosip tentang Anda, namun hubungan bertetangga tetap terjaga :

Sadari Bahwa Gosip itu Tidak Berbahaya

Rasanya memang tidak akan ada orang yang senang jika menjadi bahan gosip tetangga, namun apalah daya jika memang sudah terlanjur demikian. Maka langkah terbaik yang perlu Anda ambil adalah dengan bersikap tenang dan menghadapi semuanya dengan kepala dingin, karena pada nyatanya gosip itu bukan perkara yang membahayakan, sebab orang yang benar-benar mengenal Anda tidak akan pernah menghiraukan hal itu.

Tetap Berpikiran Tenang

Umumnya orang yang sering memebicarakan hal-hal yang buruk tentang Anda karena didasari oleh rasa sirik terhadap apa yang Anda punya. Sebaiknya Anda jauhi tetangga yang demikian, namun tetap bersikaplah tenang seakan tidak terjadi apa-apa. Tak perlu membalas ketika kita mendengar gosip atau mungkin secara langsung mendengarkan cemoohan. Saat Anda konsisten demikian, maka tetangga Anda akan malu sendiri.

Menanyakan langsung

Jangan menghiraukan omongan yang belum pasti, atau pembicaraaan yang belum pasti sumber, maksud dan tujuannya. Saat Anda gegabah maka bisa berujung fatal untuk diri Anda sendiri. Jika memang Anda sudah mengetahui siapa yang membicarakan Anda, maka alangkah baiknya tanyakan baik-baik dan minta penjelasan. Karena terkadang gosip itu menyebar karena kesalah pahaman atau ketidak tahuan.

Bantu Dia

Gosip umumnya datang dari tetangga yang iri dengan apa yang kita capai. Jika Anda menemui tetangga yang demikian, maka jangan malah dibalas dengan sikap sinis, lebih baik Anda tetap menjadi pribadi santun dan ramah. Cobalah menggunakan pendekatan memberi bantuan saat mereka dalam kesusahan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan, jika Anda menjadi bahan omongan atau gosip tetangga. Intinya tetaplah bersikap tenang dan jangan membalas dengan emosi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.