oleh

4 Fakta Unik Masjid Rahmatan Lil Alamin Ma’Had Al Zayitun Jawa Barat

PortalMadura.Com – Masjid merupakan tempat beribadah umat muslim, yang keberadaannya di anggap sangat penting. Negara Indonesia adalah negara yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam, jadi untuk menemukan masjid di negara Indonesia, terbilang cukup mudah. Bahkan setiap daerah pasti memiliki masjid yang memiliki ciri khas daerah itu sendiri dan sejarah tersendiri pula.

Di Indonesia terdapat banyak sekali masjid megah dan memiliki sejarah yang sangat menarik serta unik. Umumnya keunikan tersebut terdapat pada arsitektur bangunan masjid. Seperti yang terdapat di Jawa Barat, yaitu Masjid Rahmatan Lil Alamin Ma’Had Al Zayitun (MAZ). Dilansir dari Merdeka.com, Jumat (30/4/2021) Inilah fakta menarik masjid Rahmatan Lil Alamin Ma’Had Al Zayitun Jawa Barat:

Seluruh Unsur Bangunannya Memiliki Nilai Filosofi

Masjid Rahmatan Lil Alamin Ma’Had Al Zayitun (MAZ) ini disebut-sebut memiliki tampilan yang mencuri perhatian, namun ternyata tidak sampai disana, keindahan bangunannya ternyata memiliki nilai filosofi yang tinggi. Luas total masjid ini adalah 99×99 meter persegi, yang menimbolkan Asmaul Husna, begitu juga dengan jumlah lantainya yang sebanyak 6 lantai dengan tinggi tiang setiap lantai yakni 5 meter, yang menyimbolkan rukun Iman dan rukun Islam.

Dibangun Menyesuaikan Arsitektur Dunia yang Universal

Nama Masjid Rahmatan Lil Alamin memiliki arti masjid penebar rahmat, penebar kasih hingga tercipta hubungan silaturahmi yang tidak pernah putus. Oleh karena itulah masjid yang luar biasa ini dibangun dengan standar arsitektur dunia dengan maksud agar terus mampu menjadi kebaikan bagi seluruh umat dari belahan dunia manapun.

Memiliki Menara Tertinggi Nomor 3 Dunia

Yang menjadi daya tarik paling menonjol dari Masjid Rahmatan Lil Alamin Ma’Had Al Zayitun ini adalah kebetaraan menaranya yang sangat tinggi juga kokoh. Bahkan dinyatakan sebagai menara tertinggi nomor 3 yang ada di dunia. Menara ini bernama Pemuda Perdamaian yang berarti sebagai sifat ciptaan Tuhan yang tidak mengelompokkan suatu golongan tertentu, sehingga mencerminkan pokok-pokok toleransi antar sesama.

Mampu Menampung hingga 150.000 Jamaah

Pembangunan Masjid Rahmatan Lil Alamin ini dimulai sejak 1 Januari 1999 dengan total anggaran 14 juta dollar Amerika, dan di targetkan akan mampu menampung jamaah hingga 150.000 Jamaah. Peletakan batu asas pertama masjid Rahmatan Lil ’Alamin dilakukan pada tahun baru Hijriah 1 Muharam 1421 H oleh R Nuriana, Gubernur Jawa Barat saat itu. Pembangunan masjid ini boleh dibilang merupakan satu tonggak sejarah pembangunan sebuah simbol dan monumen kebesaran umat Islam di Indonesia.

Nah, itulah beberapa fakta unik Masjid Rahmatan Lil Alamin Ma’Had Al Zayitun Jawa Barat yang perlu Anda tahu. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Merdeka.Com

Komentar