6 Manfaat Buah Leci Untuk Anak

Avatar of PortalMadura.com
6 Manfaat Buah Leci Untuk Anak
Ilustrasi (health.detik.com)

PortalMadura.Com – Buah leci atau Litchi chinensi adalah salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di daerah tropis. Buah ini kaya akan kalori dan nutrisi yang baik untuk mencukupi kebutuhan energi dan gizi anak.

Karena rasanya yang manis, buah leci banyak digemari oleh anak-anak. Tak hanya sekedar manis, manfaat leci untuk anak ada banyak. Hal ini karena leci mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anak.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Jumat (30/4/2021), berikut manfaat buah leci untuk anak-anak:

Melancarkan

Kandungan serat dalam buah ini dapat melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan jumlah bakteri baik (probiotik) pada usus Si Kecil. Dengan mendapatkan asupan serat yang cukup dari sayur dan buah-buahan, termasuk buah leci, saluran cerna Si Kecil akan lebih sehat dan berfungsi dengan baik. Selain itu, serat juga baik untuk mencegah dan mengatasi sembelit pada anak.

Leci mengandung antioksidan, kalium, dan serat, yang baik untuk kesehatan jantung anak. Asupan tersebut diketahui bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL), menjaga tekanan darah anak tetap stabil, dan mengurangi risiko terbentuknya sumbatan atau plak pada pembuluh darah jantungnya.

Mendukung Kesehatan Tulang

Leci mengandung kalium, yakni salah satu mineral yang sangat baik untuk mendukung kesehatan dan kepadatan tulang anak. Selain itu, kalium juga memiliki fungsi besar dalam menjaga kesehatan otot dan sarafnya.

Memperkuat Sistem Imun

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada leci baik untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil tetap kuat, sehingga ia tidak mudah jatuh sakit. Namun, selain dengan mengonsumsi buah leci, Si Kecil perlu mendapatkan makanan bergizi lain, rutin berolahraga, dan beristirahat yang cukup agar daya tahan tubuhnya tetap kuat.

Menangkal

Buah leci kaya akan kandungan antioksidan lain, seperti polifenol. Kandungan ini memiliki peranan dalam menangkal efek radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit pada anak, seperti asma, alergi, diabetes, dan kanker.

Memberi Energi

Anak-anak membutuhkan energi yang cukup untuk bisa belajar, bermain, serta tumbuh dan berkembang dengan baik. Energi bisa diperoleh dari kandungan kalori, gula, karbohidrat, serta protein dan lemak dari berbagai jenis makanan, termasuk buah leci.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.