oleh

Sering Konsumsi Buah Salak? Ini 7 Manfaat Sehatnya

PortalMadura.Com – Salah satu jenis buah yang mudah ditemui di banyak daerah di Indonesia yaitu salak. Karena rasanya yang manis dan harganya yang relatif murah menjadikan salak termasuk buah favorit masyarakat dalam maupun luar negeri.

Selain itu, buah salak juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan sejumlah nutrisi pada salak membuatnya sangat menyehatkan dan baik untuk dikonsumsi. Lantas apa saja manfaatnya bagi tubuh? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (24/12/2019) dari laman merdeka.com yang dikutip dari Medindia.

Berikut ini manfaat buah salak:

Baik Bagi Mata

Kandungan antioksidan beta karoten dari salak bisa membantu menyembuhkan sejumlah masalah mata. Konsumsi salak secara rutin bisa menjadi pengganti dari sejumlah obat untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan beta karoten dari salak lima kali lebih besar dibanding semangka dan mangga.

Mengatasi Masalah Pencernaan dan Diare

Salak memiliki kandungan serat dan vitamin yang kaya untuk mengatasi sakit perut, mual, serta sejumlah masalah lain yang terkait pencernaan dan diare. Buah ini memiliki kandungan yang bisa mengatasi diare secara cepat.

Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Buah salak kaya dengan kandungan potasium yang bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Tingginya antioksidan dan mineral pada buah ini membuat sistem kardiovaskular tubuh berfungsi secara tepat dan membantu menjaga asupan air dalam tubuh.

Meningkatkan Ingatan

Selain kandungan potasium yang tinggi, buah salak juga kaya dengan kandungan pektin. Hal ini bisa meningkatkan fungsi kognitif tubuh dan mempertajam ingatan.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi dari buah salak membuatnya tepat dikonsumsi ketika ingin menurunkan berat badan. Buah ini mengandung kalsium dan karbohidrat yang memberi energi serta stamina pada tubuh sehingga mudah untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Pemkab Sumenep Programkan Pembangunan Bandara Perairan pada 2020

Mengontrol Gula Darah

Kulit buah salak bisa diolah menjadi teh yang membantu regenerasi sel pada pankreas untuk mengontrol diabetes. Terdapat juga kandungan pterostilbene yang bisa menurunkan gula darah dan mengontrol diabetes.

Membantu Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan

Kandungan penuh nutrisi dari buah ini bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan pada tubuh. Kandungan ini bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Antioksidan pada salak membantu melawan kerusakan sel dan jaringan serta menjaga tubuh dari kerusakan karsinogenik. Konsumsi rutin sebiji salak juga bisa menurunkan risiko terbentuknya wasir.

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar