oleh

Sering Lupa Balas Pesan WhatsApp? Lakukan 6 Cara Mudah Ini

PortalMadura.Com – WhatsApp merupakan salah satu medsos yang saat ini banyak digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Bisa berupa chat, foto dan video.

Namun, dalam praktiknya terkadang ada beberapa orang yang sering lupa membalas pesan yang masuk meskipun sudah dibaca. Oleh karena itu, untuk memudahkan membalas pesan bagi si pelupa lakukan beberapa hal ini. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut ini penjelasannya:

Tandai Pesan untuk Dibalas

Kalau Anda mudah lupa untuk membalas pesan di WhatsApp, baiknya ditandai sebagai pesan belum terbaca. Tujuannya supaya ada tanda khusus kalau pesan ini butuh atensi balasan dari Anda.

Caranya: Buka WhatsApp, lihat daftar Chat > Pencet yang lama kontak yang chatnya mau ditandai > Tekan titik tiga pada Menu > Pilih Mark as Unread

Akan muncul tanda lingkaran hijau pada chat yang ingin Anda tandai.

Chat Penting Selalu Ada di Atas

Kadang, Anda lupa membalas pesan karena tertumpuk dengan ratusan pesan lain yang masuk. Akibatnya chat dengan orang tertentu yang penting, jadi mental ke bawah dan Anda harus scroll untuk mencarinya lagi.

Untuk menghindari itu, pasang pin pada chat yang penting supaya selalu ada di atas, sehingga Anda tidak akan lupa untuk meresponsnya.

Caranya: Buka WhatsApp > Pilih chat dari kontak yang dimaksud > Pencet yang lama sampai keluar menu > Pilih ikon pin.

Chat dari kontak yang dimaksud nantinya akan selalu ada di bagian atas daftar chat WhatsApp.

Back up Chat

Agar Anda tidak kehilangan chat, jika misalnya HP hilang atau ganti gadget, sebaiknya back up chat Anda. Biasanya, back up ini berjalan otomatis, tapi Anda bisa melakukannya manual.

Caranya: Buka WhatsApp pencet titik tiga di kanan atas dan buka Setting > Pilih Chats > Pilih Chat Backup.

Tandai Pesan Penting

Beberapa pesan di WhatsApp tentu penting banget untuk Anda, karena berisi informasi berharga dari teman atau kerabat. Agar tidak lupa, tandailah pesan ini dengan bintang.

Caranya: Buka WhatsApp > Pilih Chat dengan kontak yang dimaksud > Pilih pesan yang spesifik di dalam chat yang mau ditandai > Pencet yang lama sampai keluar menu > Pilih tanda bintang

Pesan penting itu kini ditandai dengan bintang. Anda bisa langsung mencarinya dari Starred Messages.

Caranya: Dari WhatsApp pencet titik tiga di kanan atas > Pilih Starred messages.

Semua pesan penting yang ditandai bintang, akan muncul di sini.

Shortcut ke Chat Tertentu

Mungkin ada beberapa orang yang sangat sering berkomunikasi dengan Anda, atau penting banget untuk berkomunikasi dengannya. Untuk memudahkan, sekalian saja bikin shortcut ke chat tersebut.

Caranya: Buka WhatsApp > Pilih Chat dan pencet yang lama > Pilih Add Chat Shorcut

Setelah dipilih, chat tersebut akan muncul di Home Screen ponsel Anda.

Notifikasi Khusus

Mungkin ada chat atau orang tertentu yang Anda tunggu. Sementara di saat yang sama ada ratusan chat lain masuk ke WhatsApp Anda. Biar tidak lupa atau terlewat, ada baiknya beberapa kontak penting diberikan nada notifikasi khusus yang berbeda dari umumnya.

Caranya: Buka WhatsApp > Pilih Chat yang dimaksud > Pencet nama kontak > Checklist kotak Use Custom Notification > Pilih nada Notification Tone sesuai selera.

Jika nanti muncul suara notifikasi tersebut, Anda tahu ada pesan masuk dari siapa.

 

 

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: Detik.com

Komentar