oleh

Sering Sakit Kepala? Hindarilah 8 Makanan dan Minuman Ini!

PortalMadura.Com – Sakit kepala merupakan keluhan menyebalkan yang hampir semua orang pernah mengalaminya. Sakit kepala juga sering dikaitkan dengan stres atau tubuh yang kurang istirahat. Padahal sakit kepala juga dapat dipicu oleh asupan makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Nah, Berikut ini daftar makanan yang harus dihindari saat sakit kepala tengah melanda.

Kopi
Kopi dapat mengurangi rasa lelah namun jika konsumsi lebih dari 200 mg kopi per hari bisa sebabkan kecanduan akibat kafein. Hal inilah yang mampu sebabkan kurang tidur dan sakit kepala.

Pisang
Pisang merupakan salah satu makanan yang dianggap aman dikonsumsi pada saat kondisi apa saja. Padahal buah yang satu ini mengandung senyawa tyramine yang dapat memicu sakit kepala dan migrain.

Cokelat hitam
Makanan yang mengandung cokelat hitam mengandung kafein yang dapat meningkatkan sakit kepala sebelah.

Keju
Bahan pangan yang berasal dari susu ini mengandung tyramine yang mampu memicu sakit kepala. Semakin tua usia keju, semakin besar risiko terkena sakit kepala.

Es krim
Berdasarkan beberapa riset ada beberapa orang yang mengalami sakit kepala usai konsumsi e krim. Sakit kepala usai konsumsi makanan dingin seperti es krim ini dipicu oleh peningkatan mendadak dalam aliran darah pada arteri serebral anterior.

Cabai
Rasa pedas yang dihasilkan dari cabai tak hanya mengganggu sistem pencernaan. Ternyata, kandungan capsaicin yang ada di dalamnya bisa memicu sakit kepala serta migrain. Maka dari itu, jangan coba-coba untuk mengonsumsi makanan yang pedas apabila Anda tengah mengalami gangguan di kepala.

Buah-buahan Asam
Buah seperti jeruk, strawberry, kiwi mengandung kombinasi tyramine serta histamin. Kedua zat ini bisa menjadi salah satu pemicu seseorang menjadi lebih sakit kepala jika dipaksakan untuk mengonsumsi buah itu.

Daging Olahan
Berdasarkan suatu penelitian yang telah dilakukan, pengawet yang terdapat pada sosis, daging giling, dan daging burger yang biasa disebut dengan nama nitrat mampu memicu terjadinya sakit kepala pada sebagian orang. Maka dari itu, coba untuk menghindari makanan daging olahan di saat Anda tengah mengalami sakit kepala, hal ini agar kondisi tidak semakin parah.

Jika Anda merasa sakit kepala tidak tertahankan setelah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, segera temui dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut. (liputan6.com/choir)


Komentar