oleh

Supaya Kecemburuan Si Kembar Dapat Teratasi, Lakukan Hal Ini!

PortalMadura.Com – Memiliki anak kembar bagi kebanyakan orang tua merupakan sesuatu yang istimewa. Karena dandanan serupa dengan wajah yang sama tentu saja membuat banyak orang terpesona dengan kelucuan si anak kembar.

Namun saat berseteru dan berebut mainan, si pengasuh akan dibuat kewalahan menghadapinya. Nah, berikut panduan tepat untuk menghindarkan anak kembar dari kecemburuan yang sebaiknya Anda terapkan.

1. Hindari memberikan perlakuan yang sama persis, ingat mereka adalah pribadi yang berbeda

Meskipun memiliki wajah yang mirip dan lahir bersamaan, namun tentu saja anak kembar adalah pribadi yang berbeda. Moms perlu membedakan keduanya dengan tidak selalu memberikan baju yang sama, perlakuan yang sama, serta kegiatan yang sama.

Biarkan keduanya memiliki pengalaman yang berbeda menurut keinginan dirinya sendiri. Jangan biakan anak kembar saling terikat, karena hal ini akan membuat mereka saling tergantung dan tak bisa mandiri ketika dewasa kelak.

2. Tanamkan nila kerja sama, bukanlah kompetisi!

Memang menjadi kegiatan yang gampang-gampang susah dalam mengurus dan mendidik anak-anak kembar. Nah, untuk itulah orangtua perlu memberikan contoh dan tauladan yang baik dalam bekerja sama, bukan membentuk kompetisi meskipun mereka hidup berdampingan. Ketika ibu sedang memasak, ayah mereka akan mengawasi anak-anak atau sebaliknya.

Dengan begini, secara tidak langsung anak-anak akan melihat dan meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Hal ini akan secara perlahan membentuk pemahaman dalam diri anak-anak bahwa bekerja sama adalah hal yang indah dan membuat mereka tentram sementara pekerjaan dan masalah bisa diselesaikan dengan lebih baik.

3. Berikan pengertian soal kepemilikan benda

Meskipun benda yang dimiliki sama, namun setiap benda pasti ada pemiliknya. Jelaskan sedari awal pada si kembar bahwa barang satu adalah milik si A, sedangkan barang satunya adalah milik si B. Dengan cara ini mereka akan tahu bahwa mereka memiliki barang masing-masing dan tak perlu saling berebut.

Tanamkan juga pada mereka bahwa jika si B ingin menggunakan barang milik si A, maka ia harus meminta ijin terlebih dahulu. Konsep ini sangat penting dan berguna untuk masa depan mereka.

4. Tidak memilih salah satu sebagai kesayangan

Meskipun Anda cenderung lebih tertarik dengan kepribadian salah satu dari kedua anak kembar Anda. Hal ini tidak sebaiknya ditunjukan pada anak lewat sikap. Sebaliknya, kontrol emosi Anda dihadapan mereka. Upayakan segala hal yang membuat anda bisa bersikap netral pada mereka.

Mendidik dan mengasuh anak kembar memang menjadi hal yang gampang-gampang susah. Akan tetapi jika kita tahu solusi dan tips menghadapi segala sikap dan tindakan anak yang kurang baik, maka akan semakin mudah untuk kita. (bidanku.com/choir)


Tirto.ID
Loading...

Komentar