Sesuai Syariat Islam, Ini Tutorial Hijab Syar’i yang Benar Bagi Wanita

Avatar of PortalMadura.Com
Sesuai Syariat Islam, Ini Tutorial Hijab Syar'i yang Benar Bagi Wanita
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian besar berhijab tidak lepas dari hidayah yang diperoleh. Inspirasi berhijab pun semakin banyak dengan munculnya model-model hijab yang fashionable. Salah satunya dari selebriti atau publik figur yang telah menutup aurat.

Banyaknya tutorial hijab yang dipamerkan membuat sebagian wanita mengikutinya. Namun, sebagai muslim haruslah tahu dan lebih selektif dalam berhijab. Pilihlah model hijab yang sesuai dengan syariat Islam. Sebab boleh jadi niat berhijab sebagai bukti ketaatan justru malah melanggar ketentuan.

Tutorial hijab yang benar sesuai syariat sudah dimuat dalam Alquran. Di beberapa ayat dijelaskan cara memakai hijab sesuai yang diperintahkan Allah SWT untuk seluruh wanita muslimah.
Berikut petikan ayat sekaligus tutorialnya:

Al Ahzab ayat 59
“Hai Nabi, katakanlah pada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka. Yang jadi itu lebih mudah mereka ketahui, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Al Ahzab ayat 33
“Dan hendahlah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan (bertingkah laku) seperti orang-orang Jahiliyah terlebih dahulu, dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, bersih, sebersih-bersihnya.”

An Nur ayat 31
“Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya (wajah dan telapak tangan). Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka.

Kepada saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita.

Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.