oleh

Setelah Umrah, Kunjungi 5 Wisata di Tanah Suci Makkah ini

PortalMadura.com – Berkunjung ke tanah suci untuk menunaikan Ibadah Umrah tidak akan lengkap rasanya tanpa mengunjungi berbagai tempat-tempat ziarah sekaligus wisata religi di Tanah Suci.

Sebagai tujuan utama ziarah para umat muslim di berbagai belahan dunia serta pusat penyebaran Agama Islam, tentu Arab Saudi menyimpan banyak sekali destinasi wisata religi yang bisa kunjungi saat menunaikan atau setelah melakukan Ibadah Umroh. Sebagaimana dilansir dari tokopedia.com dan beberapa sumber, Minggu (23/5/2021) inilah 5 wisata di Makkah dan Jeddah yang bisa Anda Kunjungi setelah melaksanakan Umrah:

Jabal Rahmah

Bukit Jabal Rahmah merupakan lokasi bertemunya Nabi Adam dengan Hawa setelah mereka terpisah ratusan tahun. Di puncak Jabal Rahmah ada sebuah tugu yang berdiri tegak. Beragam doa dipanjatkan jamaah yang berziarah ke Jabal Rahmah. Nilai sejarah inilah yang menjadi daya tarik utama orang-orang mengunjungi tempat wisata religi yang tak pernah sepi ini.

Gunung Uhud

Gunung Uhud adalah sebuah gunung di utara Madinah dengan ketinggian sekitar 350 meter. Gunung Uhud terbentuk dari batu granit warna merah memanjang dari tenggara ke barat laut dengan panjang tujuh kilometer dan lebar hampir tiga kilometer. Gunung ini adalah gunung terbesar dan tertinggi di Madinah. Di kaki gunung bagian selatan terdapat pemakaman para syuhada, salah satunya adalah Hamzah bin Abdul-Muththalib paman dan saudara sepersusuan Nabi Muhammad.

Masjid Quba

Masjid Quba merupakan salah satu rumah ibadah yang sejarahnya lekat dengan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebab, masjid ini dibangun sendiri oleh Rasulullah. Masjid Quba berada di tepi kota Madinah. Kala itu, Nabi Muhammad baru saja menyelesaikan perjalanan hijrahnya dari kota Mekah dan langsung memerintahkan untuk membangun Masjid Quba.

Gua Hira

Gua Hira terletak di negara Arab Saudi. Letaknya pada tebing menanjak yang agak curam walau tidak terlalu tinggi, oleh karena itu untuk menuju gua itu setiap orang harus memiliki fisik yang kuat.

Pasar Zakfariyah

Pasar Zakfariah atau biasa disebut Pasar Borong letaknya kurang lebih satu kilometer dari Masjidil Haram, Kota Mekkah Arab Saudi. Di pasar ini menjual aneka keperluan ibadah dan oleh – oleh seperti Al- Qur’an, sajadah, tasbih, dll. Tak hanya menyediakan keperluan ibadah, salah satu pasar yang ramai dikunjungi para jamaah haji ini juga menyediakan perhiasan emas, jam tangan serta barang- barang elektronik seperti handphone. Pasar ini juga disebut-sebut sebagai pengganti Pasar Seng yang dibongkar karena Masjidil Haram sedang dilakukan perluasan.

Nah, itulah 5 Wisata di Makkah dan Jeddah yang cocok dikunjungi setelah umrah. Kota suci umat Islam ini, terdapat cukup banyak objek wisata menarik yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata untuk memperpanjang kunjungan Anda di tanah suci.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : tokopedia.com

Komentar