Setir Mobil Terasa Oblak? Bisa Jadi Ini 5 Sebabnya

Avatar of PortalMadura.com
Setir Mobil Terasa Oblak? Bisa Jadi Ini 5 Sebabnya
Iustrasi (Rent Jennette)

PortalMadura.Com – Setir oblak bisa berbahaya dan menyebabkan kecelakaan. Sehingga pemilik mobil atau pengemudi harus mencari tahu penyebabnya dan cepat memperbaikinya.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan . Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com dikutip dari Auto 2000, berikut penjelasannya:

Terdapat Gangguan pada Sistem Pengereman Mobil

Penyebab oblak yang paling sering ditemukan adalah gangguan pada sistem pengereman. Misalnya, penipisan pada kanvas rem maupun cakram rem bisa membuat setir mudah oblak. Selain itu, cakram rem yang sudah tidak rata ternyata juga bisa membuat setir terasa bergetar dan sulit dikendalikan. Jika hal ini yang terjadi, maka solusi terbaik adalah mengganti komponen yang rusak pada sistem pengereman.

Kerusakan Komstir

Setir mobil oblak juga bisa disebabkan oleh komstir yang mengendur atau bahkan sudah rusak. Jika komstir benar-benar sudah rusak, biasanya kondisi setir oblak akan paling terasa saat Anda memacu mobil dalam kecepatan tinggi.Untuk mengatasi masalah seperti ini, sebelumnya Anda harus melakukan pengecekan pada komstir.

Kerusakan yang tidak terlalu parah, seperti komstir mengendur, bisa diperbaiki di bengkel. Namun, untuk kerusakan yang parah, maka harus dilakukan penggantian. Pastikan mengganti komstir rusak dengan suku cadang asli agar performa mobil tetap terjaga.

Baut Dudukan Setir Longgar

Selanjutnya, Anda juga perlu melakukan pengecekan pada dudukan setir. Pasalnya, penyebab setir mobil oblak ternyata bisa berasal dari baut dudukan setir yang melonggar. Masalah ini dapat dideteksi dengan mudah, bahkan saat mobil dalam keadaan diam. Jika baut dudukan setir longgar, setir akan terasa oblak meski mobil tidak sedang dijalankan.

Apabila penyebab kerusakan memang disebabkan oleh baut yang melonggar, Anda bisa mengencangkan kembali baut tersebut. Tidak perlu melakukan penggantian suku cadang karena pada dasarnya tidak ada komponen yang rusak.

Roda Mobil Tidak Stabil

Roda mobil ternyata juga bisa menjadi penyebab setir mobil goyang. Jika roda mobil tidak stabil, maka bisa membuat setir mobil menjadi oblak dan terasa bergetar. Masalah seperti ini biasanya timbul karena mobil digunakan untuk melalui permukaan jalan yang rusak dalam waktu lama. Agar kerusakan tidak semakin parah, sebaiknya hal ini segera ditangani dengan datang ke bengkel. Biasanya, mekanik akan menyarankan Anda untuk melakukan spooring dan balancing agar roda dan kaki-kaki mobil kembali stabil.

Kebengkokan velg mobil

Terakhir, kemungkinan penyebab setir mobil oblak adalah velg mobil bengkok. Velg mobil dapat mengalami kebengkokan karena kebiasaan mengemudi yang buruk. Misalnya, melajukan mobil dalam kecepatan tinggi saat melalui permukaan jalan yang rusak dan berlubang.

Kebiasaan seperti ini rupanya dapat membuat bentuk velg menjadi bengkok dan tidak rata.Solusi terbaik untuk permasalahan ini adalah dengan mengganti velg mobil. Velg mobil yang sudah bengkok tidak bisa dipakai lagi karena dapat membahayakan keselamatan Anda dalam berkendara.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.