oleh

3 Golongan Manusia yang akan Dinaungi di Padang Mahsyar, Siapa Saja?

PortalMadura.Com – Sebagaimana yang sudah ditetapkan dalam Alquran dan diketahui bersama bahwa hari kiamat adalah sebuah kepastian yang akan terjadi pada alam semesta. Sebagai umat Muslim menjadi kewajiban untuk meyakininya.

Setelah dunia dihancurkan beserta isinya, kemudian semua manusia akan dibangkitkan dan dikumpulkan di Padang Mahsyar untuk menerima penghakiman. Pada waktu tersebut, manusia berada dalam kondisi tidak berpakaian dan tidak menggunakan alas kaki.

Semuanya akan merasakan kecemasan dan penuh harapan dengan apa yang akan diterima, tidak lain yaitu apakah akan ditempatkan di surga atau di neraka. Tapi tahukah Anda, ada tiga golongan yang akan dinaungi oleh Allah di bawah naungan arasy-Nya, siapakah itu?.

Berikut penjelasan selengkapnya, seperti dilansir PortalMadura.Com, Jumat (30/4/2021) dari laman Okezone.com:

Ketika Allah SWT kumpulkan semua umat manusia di Padang Mahsyar, ketika seluruh umat manusia akan dihisab amal ibadahnya dari mulai ia lahir hingga mereka meninggal dunia. Mereka para orang-orang kafir berangan-angan untuk menjadi orang Muslim.

Bagaimana tidak, orang Muslim tentu telah dijanjikan oleh Allah surga yang begitu indah. Dalam kitab Nashâih al-‘Ibâd karya Syekh Nawawi al-Jawi al-Bantani, ia menjelaskan mengenai nasib seseorang ketika di Padang Mahsyar di hari kiamat kelak.

Dijelaskan dalam kitab tersebut, akan ada tiga bentuk manusia yang akan Allah terangkan nanti dan akan mendapatkan naungan yang luar biasa.

Seperti sabda Rasulullah yang tertera dalam kitab Nashâih al-‘Ibâd “Tiga golongan yang akan dinaungi oleh Allah di bawah naungan arasy-Nya pada hari yang tidak ada naungan selain naungan-Nya (pada Hari Kiamat).”

Golongan pertama, yang akan mendapatkan naungan Allah subhanahu wata’ala di Hari Kiamat adalah mereka yang senantiasa tetap menyempurnakan wudunya dalam keadaan sesulit apapun.

Golongan kedua, adalah orang yang selalu melakukan perjalanan ke masjid. Bagaimana sulitnya kondisi maupun suasana atau barangkali bagaimanapun dinginnya cuaca, namun orang tersebut terus berangkat ke masjid untuk menunaikan salat sesuai perintah Allah subhanahu wata’ala.

Golongan ketiga, adalah mereka yang memberikan makanan dan minuman kepada orang- orang yang kelaparan.

Jadi, marilah terus berusaha bertakwal agar kelak di Padang Mahsyar Anda termasuk ke dalam tiga golongan tersebut. Oleh karena itu, mari selalu melangkahkan kaki untuk ke masjid, selalu menjaga wudu walaupun dalam kondisi atau posisi bagaimanapun dan juga mari untuk memberikan makanan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Dengan melakukan tiga hal tersebut maka InsyaAllah ketika di Padang Mahsyar kelak semua akan masuk ke dalam golongan orang-orang yang diberikan naungan oleh Allah. Amiin. Wallahu A’lam.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Okezone.com

Komentar