Si Kecil Alami Mimpi Buruk? Ini 4 Cara Atasinya

Avatar of PortalMadura.com
Si Kecil Alami Mimpi Buruk? Ini 4 Cara Atasinya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian anak tentu pernah mengalami . Hal ini merupakan situasi normal, namun jika orang tua tidak memerhatikan lebih lanjut dapat berujung negatif pada anak. Bahkan, bisa membuat si kecil jadi paranoid, bisa sulit untuk kembali tidur, dan merasa takut berkepanjangan.

Oleh karena itu, sebagai orang tua peran Anda untuk mengatasi permasalahan ini sangat penting. Anda bisa menjelaskan bahwa mimpi yang dialami si anak bukanlah sebuah kenyataan. Jika usaha menghibur dirasa gagal, mungkin Anda harus mencoba cara lain.

Berikut empat cara mengatasi anak yang bermimpi buruk:

Ajak Bicara
Jika anak Anda mengatakan bahwa mimpi buruk yang dialami terlalu mengerikan. Anda tidak perlu terlalu khawatir, yang harus Anda lakukan adalah mengajaknya bicara, buat si kecil terhibur, kemudian ajak tidur bersama Anda.

Kenali Traumanya
Jika mimpi buruk datang karena sebuah trauma, maka yang Anda lakukan adalah mengetahui secara detail tentang kejadian yang membuat si kecil trauma.

Kegelisahan
Jika anak Anda merasa gelisah usai mengalami mimpi buruk, coba ajak bicara dan jelaskan bahwa semuanya akan baik-baik saja dan segala bentuk menyeramkan di dalam mimpi adalah wujud yang tidak nyata.

Selain itu, buatlah dia menghabiskan lebih banyak waktu dengan Anda sampai si kecil merasa aman.

Mengubah Tempat Tidur
Terkadang, mengubah tempat tidur dapat bekerja lebih baik untuk membuat anak Anda melupakan mimpi buruk yang dialami. Maka, jika tiga poin di atas belum cukup membuat si anak kehilangan rasa takut, cara terakhir ini perlu Anda coba. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.