Skutik Lebih Irit Bahan Bakar dengan 5 Cara Ini, Yuk Intip!

Rewriter: Putri KuzaifahRujukan: Liputan6.com
Skutik-Lebih-Irit-Bahan-Bakar-dengan-5-Cara-Ini,-Yuk-Intip!
Ilustrasi (brilio.net)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Tidak dapat dipungkiri, masyarakat Indonesia banyak yang menggemari skuter matik atau yang biasa disebut skutik. Bagaimana tidak, kendaraan jenis ini lebih mudah dan nyaman untuk digunakan, cuma tinggal gas dan rem saja, tanpa harus menggunakan kopling atau memindahkan gigi sudah bisa berjalan sesuai keinginan.

Tapi di balik kenyamanannya, skuter matik ini dinilai tidak irit bahan bakar daripada jenis kendaraan lainnya, misalnya motor bebek. Tapi jangan berkecil hati dulu, ada beberapa cara cerdas untuk membuat skutik kesayangan Anda lebih hemat bahan bakar.

Berikut ulasan lengkapnya sebagaimana dilansir Liputan6.com dari laman Federal Oil:

Hindari Gas-Rem Mendadak

Kecepatan berkendara sangat memengaruhi jumlah bahan bakar yang dipakai. Di mana semakin cepat berkendara maka semakin banyak pula bensin yang digunakan oleh motor. Berkendara secara ugal-ugalan dengan menarik gas secara tiba-tiba bisa membuat bahan bakar lebih cepat habis.

Panaskan Motor Cukup Semenit

Memanaskan motor dilakukan untuk mencairkan oli yang mengental akibat suhu dingin saat motor tidak digunakan. Hal ini tentunya akan memakan bahan bakar. Untuk Anda yang memiliki motor, terutama injeksi, cukup panaskan motor dalam waktu maksimal 1 menit saja. Sebab, makin lama waktu yang Anda gunakan untuk memanaskan motor, makin banyak bensin yang terbuang sia-sia.

Ganti Filter Udara Secara Berkala

Bagi pengguna motor matic yang kurang memerhatikan kebersihan filter udara hal ini memengaruhi tingkat keborosan bahan bakar. Kotornya filter udara dapat menyebabkan tersumbatnya udara ketika memasuki sistem pembakarannya lewat saluran intake. Sehingga, banyak bahan bakar yang akan terbuang sia-sia.

Pengapian Harus Dalam Kondisi Prima

Untuk motor yang menggunakan karburator, pastikan untuk memonitor komponen pengapian secara berkala. Sebab, pengapian yang bermasalah dapat memengaruhi aktivitas pembakaran bensin. Semakin baik kondisi komponen pengapian, maka semakin efisien pula penggunaan bahan bakar.

Tekanan Udara Ban Yang Pas

Tekanan udara pada ban dapat memengaruhi penggunaan bensin. Beban pada motor akibat ban yang kempes membuat motor bekerja ekstra. Saat mesin harus bekerja ekstra, hal ini juga akan berdampak pada banyaknya bensin yang dipakai saat berkendara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.