4 Cara Tumbuhkan Sifat Tolong-menolong pada Anak Dalam Alquran

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com – Dalam Alquran diajarkan untuk saling menolong dalam hal kebaikan antar sesama. Sebagai manusia, sifat ini harus dimiliki karena kita makhluk sosial yang pasti butuh orang lain.

Kebiasaan tolong menolong harus mulai diajarkan dari lingkungan rumah. Orang tua harus mengajarkan -anaknya mulai kecil tentang . Kebiasaan baik ini akan dimiliki sampai dewasa nanti.

Ada beberapa ayat Alquran yang bisa menjadi inspirasi orang tua dalam mengajarkan sifat saling tolong menolong terhadap sesama kepada anak. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini penjelasannya:

Tolong-menolong Termasuk Bentuk Melakukan Kebaikan

Sejak kecil, anak bisa diajarkan sikap tolong-menolong. Oleh karena itu, ia pun perlu memahami hal-hal baik yang bisa dilakukan untuk menolong orang lain di sekitarnya.

Misalnya saja, Anda bisa mengajari anak untuk membantu teman yang sedang kesusahan. Bisa juga membantu si Kecil merapikan mainan setelah ia bermain, sehingga ia pun merasa ditolong oleh orang tuanya.

Dalam Alquran surat Al-Maidah ayat 2 tertulis bahwa bentuk tolong-menolong sama dengan mengerjakan sebuah kebajikan.

.…Wa ta'awanụ ‘alal-birri wat-taqwa wa la ta'awanụ ‘alal-ismi wal-udwani wattaqullah, innallaha syadidul-iqab.

Artinya: “….Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.”

Tidak Hanya dengan harta, Tolong-menolong juga Bisa Dalam Bentuk Usaha atau Tenaga

Tolong menolong tidak selalu soal materi saja, memberi sejumlah uang atau barang. Perlu diingat bahwa ada cara lain dalam menolong orang lain, yakni membantunya dalam bentuk tenaga.

Hal tersebut seperti firman Allah surat Al-Kahfi ayat 95, yakni: Qala ma makkanni fihi rabbi khairun fa a'inụni biquwwatin aj'al bainakum wa bainahum radma

Artinya: “Dzulkarnain berkata: “Apa yang telah dikuasakan oleh Tuhanku kepadaku terhadapnya adalah lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan (manusia dan alat-alat), agar aku membuatkan dinding antara kamu dan mereka.”

Anjuran agar Tidak Bersikap Kikir Terhadap Orang Lain

Kikir atau pelit menjadi sikap enggan membantu orang lain. Padahal kita tidak boleh bersikap seperti itu, karena akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Dalam Alquran menjelaskan di surat Al Imran ayat 180, sifat kikir adalah sifat terburuk bagi manusia.

Wa la yaḥsabannallazina yabkhalụna bima atahumullahu min faḍlihi huwa khairal lahum, bal huwa syarrul lahum, sayuṭawwaqụna ma bakhilụ bihi yaumal-qiyamah, wa lillahi mirasus-samawati wal-arḍ, wallahu bima ta'malụna khabir.

Artinya: “Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil (kikir) dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kikiran itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Mengajarkan Anak untuk Bisa Menjauhi Sifat Kikir

Untuk menghindari sifat kikir, kita sebagai manusia harus berpikiran bahwa harta yang kita peroleh semata-mata merupakan titipan sang Pencipta. Ingatlah bahwa harta di dunia tidak kekal.

Selain itu, kita mesti selalu bersyukur atas apa yang Allah berikan. Rezeki bukan hanya soal materi. Kesehatan juga merupakan rezeki yang sudah Allah kasih kepada kita. Maka dari itu, kesehatan pun perlu kita jaga dengan baik.

Hidup sederhana dan tidak bermewah-mewah juga sebuah anjuran, bahkan tidak perlu berlebihan dalam mencari pujian orang lain.

Allah SWT tidak suka orang yang berlebihan, termasuk harta. Sisihkan harta kita untuk orang yang membutuhkan. Kurangi foya-foya dan perbanyak infak sadaqah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.