oleh

Yuk, Kenali Mushroom Water dan Manfaatnya Untuk Kecantikan

PortalMadura.Com – Sebagian orang tentu sudah tidak asing lagi dengan infused water. Minuman yang sempat trending ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.Umumnya, minuman ini menggunakan buah-buahan, sayuran seperti mentimun, atau daun mint. Selain itu, ada pula air nabeez dengan campuran kurma yang disebut warisan Rasulullah juga sempat trendy di dunia kesehatan, melansir dari Merdeka.com, Minggu (12/1/2020).

Nah, saat ini yang mulai menjadi perbincangan adalah mushroom water alias air jamur yang mulai dilirik para beauty enthusiast. Lantas, apa itu mushroom water? Apakah sama dengan mushroom tea dan infused water?. Seperti apa khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan?.

Menurut seorang pakar nutrisi kepada PureWow, Lisa Young, Ph.D., bahwa jamur-jamuran disebut superfood karena kandungan vitamin D, serat, dan antioksidannya. Beberapa jenis jamur seperti Chagas disebut-sebut karena kemampuannya untuk meningkatkan energi dan memperbaiki suasana hati.

Sementara Cordyceps disebut mampu meningkatkan vitalitas dan daya tahan tubuh. Untuk Lion’s Mane berkhasiat meningkatkan fungsi otak. Sedangkan reishi banyak dicari karena khasiatnya dalam melawan tumor serta kanker otak.

Baca Juga: Risiko Sering Minum Infused Water dan Teh Berperisa Buah

Jenis-jenis jamur tersebut lalu dikeringkan dan ditumbuk hingga halus, kemudian dicampur dengan berbagai bahan berkhasiat seperti gandum organik, ekstrak buah bubuk, dan probiotik. Jadilah suplemen berbahan jamur yang siap dikonsumsi.

Supaya bisa dikonsumsi sebagai mushroom water, suplemen jamur itu kemudian dicampur bersama air dan dikocok sampai rata. Setelah itu. tinggal diminum seperti minuman kesehatan pada umumnya.

Mushroom water ini juga dipercaya dapat membuat kulit, rambut, dan kuku menjadi lebih sehat. Selain itu, membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik dan mengurangi kecemasan agar lebih mudah fokus. Hal ini terbukti dari beberapa orang yang pernah mencoba air jamur mengatakan bahwa mereka menjadi lebih fokus, bahkan tanpa asupan kafein sama sekali.

Sebenarnya, ada banyak merek bubuk jamur yang telah beredar di pasaran. Namun, sebelum mengonsumsi bubuk jamur tersebut, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Selama mendapatkan persetujuan dari dokter, mushroom water boleh dikonsumsi bersama dengan diet sehat dan olahraga yang sedang Anda lakukan. Selamat mencoba!

Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE