Smartphone Anda Hilang? Ini 5 Cara yang Harus Dilakukan

Avatar of PortalMadura.com
Smartphone Anda Hilang? Ini 5 Cara yang Harus Dilakukan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini merupakan salah satu barang yang bisa digunakan untuk banyak hal, mulai dari komunikasi, bisnis, bersosialisasi dan lain sebagainya. Oleh karena itu, smartphone sering dibawa kemana-mana.

Terkadang karena ukurannya yang kecil tanpa disadari smartphone bisa terselip, tertinggal atau bahkan hilang. Nah, ketika hal itu terjadi apa yang bisa Anda lakukan? Jika smrtphone hilang, Anda perlu melakukan beberapa cara ini. Apa saja?

Berikut ulasannya:

Telepon atau SMS Nomor Kamu
Hal pertama yang dapat dilakukan yaitu menelepon atau menghirimkan pesan ke smartphone yang hilang.

Memang kelihatannya cara ini sederhana, namun Anda jadi bisa mengetahui apakah smartphone Anda benar-benar hilang atau sekadar lupa menaruhnya.

Kalaupun hilang, cara ini memungkinkan Anda untuk menemukan smartphone hilang. Tentunya jika ada orang yang berbaik hati mengembalikannya.

Lacak dengan Find My Phone
Aplikasi Find My Phone merupakan aplikasi yang akan memberitahukan lokasi smartphone Anda secara real-time saat dicuri atau hilang.

Selain memberitahukan lokasi tempat smartphone hilang, aplikasi ini juga bisa melacak jejak perangkat Anda saat dibawa pergi oleh seseorang yang menemukannya.

Aplikasi ini bisa dipasang baik di Android maupun iPhone.

Untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Caranya pengguna hanya perlu login dengan akun Google yang sama dengan akun Google di smartphone Android yang hilang.

Saat melacak smartphone Anda yang hilang dengan Find My Device, Anda bisa login dari perangkat lain ataupun melalui desktop.

Lewat aplikasi ini pula, Anda bisa menghapus data yang ada di smartphone jika merasa data-data di perangkat hilang sangat penting untuk tak diketahui orang lain.

Lapor ke Pihak Berwajib
Jika belum bisa mendapatkan titik terang tentang keberadaan smartphone Anda, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu menghubungi pihak yang berwajib.

Meski begitu sebelum membuat laporan, Anda butuh beberapa informasi yakni nomor IMEI smartphone, tipe dan merek smartphone, nomor smartphone, nama jaringan yang dipakai, hingga kronologis kejadian.

Hubungi Customer Service
Langkah lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menghubungi customer service dari layanan operator telko yang Anda gunakan.

Di sini, Anda bisa meminta CS untuk memblokir nomor HP smartphone Anda agar tak disalahgunakan oleh orang jahat.

Dengan demikian, pelaku kejahatan tidak memakai nomor Anda untuk menipu orang yang ada di daftar kontak.

Pakai Aplikasi Lain
Selain langkah di atas, Anda juga bisa memakai beberapa aplikasi smartphone untuk melacak perangkat Anda yang hilang.

Ada banyak sekali aplikasi di Play Store untuk melacak . Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Phone Tracker by Number
Sesuai namanya, aplikasi ini melacak smartphone berdasarkan nomor yang terhubung di dalamnya. Sayang, aplikasi ini kadang bekerja sangat lambat.

2. Comodo Anti Theft
Aplikasi Comodo Anti Theft memungkinkan pengguna untuk mengatur lokasi, kunci, alarm, penghapus data, hingga mengambil foto.

Aplikasi ini juga punya kelebihan, yakni tak bisa di-uninstal tanpa izin pemilik smartphone.

Dengan demikian, smartphone Anda yang hilang masih tetap bisa terdeteksi melalui Comodo Anti Theft.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.