oleh

Soto Udang Khas Medan yang Lezat dan Nikmat

PortalMadura.Com – Soto udang muncul tanpa sengaja di Medan, Sumatera Utara. Awalnya, para penjual soto membuatnya dari daging sapi. Sayangnya, tidak semua orang menyantap soto dari daging sapi. Pada dasarnya soto udang ini hampir sama dengan soto ayam. Bumbunya sama dan memakai kuah santan.

Meski namanya soto udang, tetap saja ada ayam juga di dalamnya. Rasa soto udang sangat gurih karena kuahnya perpaduan kaldu ayam, udang, dan santan. Meski gurih, rasanya tak terlalu berat sebab tak memakai terlalu banyak bumbu.

Aromanya juga khas, samar-samar tercium dan terasa aroma ayam bakarnya. Udangnya juga enak karena renyah dan gurih. Makanan khas Medan yang satu ini menggunakan udang, yang udangnya dibakar terlebih dahulu, kemudian udangnya direbus di dalam soto. Melansir dari laman fimela.com, berikut ini resep soto udang khas medan. Yuk simak dibawah ini.

Bahan-bahan:
750 gram udang yang masih segar
1bungkus santan instan

Bahan Pelengkap:
Jeruk nipis
Bawang goreng
Kecap manis
Sambal
Daun bawang iris

Bumbu yang Digeprek:
3 batang serai
2 cm lengkuas
5 lembar Daun jeruk purut
5 lembar Daun salam

Bumbu yang Dihaluskan:
1 sdm garam sesuai dengan selera
1 sdt gula sesuai dengan selera
9 siung bawang merah
6 siung bawang putih
6 butir kemiri
1 sdt jinten
1 sdm ketumbar
2 cm kunyit

Cara Membuat:
Udang dibakar dulu, setelah itu rebus udang kurang lebih selama 15 menit, lalu tiriskan. Simpan air dari rebusan udang untuk dijadikan kaldu soto. Panaskan wajan dan tumis bumbu yang sudah di haluskan. Tambahkan lengkuas, daun jeruk, serai dan juga daun salam.
Aduk tumisan hingga aromanya harum.

Kemudian aduk secara perlahan dan tambahkan kaldu udang. Setelah 5 menit, masukkan santan ke dalam tumisan. Lalu siapkan soto udang dalam mangkok penyajian. Sajikan soto udang dengan tambahan bawang merah dan juga bawang putih yang sudah di goreng, perasan jeruk dan juga daun bawang. Selamat mencoba.

Rewiter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar