oleh

Ciptakan Suasana Menyenangkan Untuk Anak Belajar di Rumah

PortalMadura.Com – Belajar di rumah merupakan salah satu cara anak untuk menambah ilmu pengetahuan agar prestasi di sekolah tetap cemerlang. Sebagai orang tua, Anda tentu dapat mendampingi anak belajar, seperti membantunya mengerjakan tugas atau menjawab pertanyaan yang sulit. Agar kegiatan ini bisa efektif dan menyenangkan, orang tua perlu memerhatikan beberapa hal agar Anak tidak merasa bosan.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Jumat (5/6/2020) berikut beberapa tips berikut mungkin bisa Anda ikuti agar proses belajar di rumah tetap menyenangkan.

Mengatur Lingkungan Yang Nyaman
Salah satu cara yang bijak ketika mendampingi anak belajar di rumah adalah menciptakan suasana belajar yang nyaman. Anda bisa menemani anak belajar di ruangan yang minim gangguan, seperti televisi atau ponsel mereka. Anak mungkin bisa belajar di ruang kerja atau kamar mereka. Hal ini bertujuan agar anak bisa berkonsentrasi ketika belajar. Anda juga bisa menanyakan kepada anak Anda tempat yang ia anggap nyaman untuk belajar. Dengan begitu, Anda dan anak sama-sama tahu lingkungan yang seperti apa yang bisa membangkitkan suasana belajar.

Membantu Anak Membuat Rencana
Selain menciptakan suasana yang nyaman, mendampingi anak belajar juga bisa dilakukan dengan membantu mereka membuat rencana belajar. Rencana yang dimaksud adalah membantu mereka untuk menentukan jadwal belajar.

Menjadi Penyemangat
Penyemangat merupakan salah satu peran orang tua yang penting ketika mendampingi anak belajar di rumah. Ketika anak sedang menyelesaikan tugasnya, Anda pun bisa menjadi contoh yang baik dengan mengerjakan pekerjaan rumah. Dan Anda bisa memberikan hadiah kepada anak Anda ketika mereka berhasil menyelesaikan tugasnya. Misalnya dengan membeli makanan yang anak sukai atau berjalan-jalan. Hal ini bertujuan agar anak merasa bahwa usaha yang dilakukannya selama ini membuahkan hasil yang cukup baik dan merasa dihargai.

Membuat Peraturan Tentang Tugas Sekolah
Biasanya, metode ini cukup efektif bagi salah satu orangtua yang berada di rumah dan bisa mendampingi anak mereka belajar. Peraturan tersebut bisa berisi apa yang disetujui oleh anak Anda dan apa peran serta tanggung jawab Anda selama mereka belajar.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar