oleh

STKIP PGRI Sumenep Menyandang Gelar Terbaik I Pramuka Perguruan Tinggi

PortalMadura.Com, Sumenep – Gerakan pandu atau kegiatan Pramuka yang dikembangkan oleh STKIP PGRI Sumenep, Madura, Jawa Timur, akhirnya membuahkan hasil mengembirakan.

Saat ini, menyandang gelar Terbaik I Pramuka Perguruan Tinggi (PT). Anugerah itu diterima pada ajang “Ka. Kwarcab Sumenep Awards 2021”, tanggal 20 Maret 2021.

Ketua STKIP PGRI Sumenep, Dr. Asmoni M.Pd bersyukur atas penghargaan tersebut yang tidak pernah diduga sebelumnya. Selama ini, pihaknya hanya mewajibkan KMD (Kursus Mahir Dasar) bagi mahasiswa prodi PGSD.

“Jadi, mahasiswa prodi PGSD itu wajib hukumnya memiliki sertifikat KMD,” katanya, Minggu (21/3/2021).

Program tersebut, ternyata diterima dengan baik dan hampir semua mahasiswa STKIP PGRI Sumenep dari berbagai prodi ikut serta dalam kegiatan KMD.

“Program KMD itu dilakukan tiap tahun. Dan saya melihatnya, tidak semua Perguruan Tinggi (PT) memiliki program ini,” tandasnya.

Dampak positif lainnya, kata dia, kegiatan Pramuka di berbagai tempat di Sumenep didominasi oleh mahasiswa STKIP Sumenep.

“Mayoritas, mahasiswa kami dari UKM Pramuka yang banyak mewarnai dan menjadi binaan STKIP,” terangnya.

Bahkan, pada tahun 2019, STKIP PGRI Sumenep dipercaya menjadi tuan rumah Latihan Search and Rescue Nasional (Latsarnas) Pramuka yang diikuti oleh perguruan tinggi swasta dan negeri se-Indonesia.

“Ini salah satu usaha dan program yang dilakukan STKIP di Pramuka,” ujarnya.

Ke depan, pihaknya mengharapkan ada dukungan riil dari pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kualitas program di UMK Pramuka.

“Sinergi antara pemerintah dengan kami sangat dibutuhkan,” ucapnya.

Pihaknya juga mengharapkan agar mahasiswa STKIP PGRI Sumenep dapat mempertahankan dan semakin meningkatkan kualitas kegiatan kepramukaan sehingga dapat melahirkan kader bangsa yang berkualitas,” tandasnya.

Sebelumnya, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menyampaikan, gerakan Pramuka memiliki peran strategis dalam pembangunan karakter generasi muda yang berkualitas dan berkarakter, guna membantu pemerintah membangun Sumber Daya Manusia (SDM).

“Semoga tanda penghargaan itu menjadi motivasi untuk meningkatkan prestasi di masa mendatang,” kata Fauzi yang juga sebagai Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sumenep.

Ia berharap, Gugus Depan (Gudep) terus dihidupkan dan dikembangkan agar gerakan Pramuka bisa aktif yang akan berdampak positif pada perkembangan anak muda.

“Melalui gerakan Pramuka hendaknya mencetak generasi muda yang kuat, tangguh, memiliki daya saing yang tinggi serta tidak pantang menyerah,” pungkasnya.(*)

Penulis : Hartono
Editor : Fianolita Purnaningtias

Komentar