oleh

Stok Beras Hingga Akhir Tahun Depan Masih Cukup

PortalMadura.Com – Pemerintah Indonesia menyampaikan, stok beras untuk memenuhi konsumsi seluruh masyarakat hingga akhir tahun masih aman karena ada kelebihan stok 6 hingga 7 juta ton.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kebutuhan konsumsi beras masyarakat Indonesia untuk 2020 sebanyak 30,08 juta ton, sementara produksi mencapai 31,63 juta ton.

Selamat Ibadah Puasa

Sebelumnya pada Januari ada stok awal sebesar 5,9 juta ton, sehingga total kelebihan stok mencapai 7 juta ton.

“Untuk 2020 kami amankan kebutuhan makanan rakyat dalam kondisi apapun dengan over stock beras tersebut,” jelas Menteri Syahrul dalam diskusi virtual, Senin (30/11/2020).

Kemudian, Menteri Syahrul menjelaskan pada tahun depan pemerintah sudah mulai mempersiapkan lahan sawah seluas 8,2 juta hektar untuk ditanami di masa tanam pertama Januari-Juni 2021.

Dia mengatakan, masa tanam pertama bisa menghasilkan produksi beras hingga 18,5 juta ton untuk memenuhi kebutuhan konsumsi 15 juta ton beras.

Selanjutnya, dengan stok beras di awal 2021 yang sebesar 6-7 juta ton, maka pada akhir Juni 2021 sebelum masuk ke masa tanam kedua akan ada kelebihan pasokan beras 9,5 juta hingga 10,5 juta ton.

“Tahun depan saya harap kami masuk ke pendekatan ketahanan pangan untuk memastikan 270 juta orang tidak terkendala dengan makanan dasar yang sudah dipersiapkan,” kata Menteri Syahrul.

Dia menambahkan, pemerintah juga mempersiapkan 250 ribu hektar lahan tambahan untuk menghadapi berbagai kemungkinan cuaca dan kendala lain agar bisa memastikan ketersediaan pasokan bahan makanan.(*)

Sumber : AA
Editor : Hartono

Komentar