Stop Penggunaan Sampah Plastik, Selamatkan Bumi Kita Tercinta

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Mariyatul KiptiyahEditor: Hartono
Stop Penggunaan Sampah Plastik, Selamatkan Bumi Kita Tercinta
Stop Penggunaan Sampah Plastik, Selamatkan Bumi Kita Tercinta

PortalMadura.Com – Benar adanya bahwa beberapa hewan di laut mati karena menelan sampah plastik. Peristiwa tersebut menunjukkan bahwa bencana akibat sampah plastik yang mengancam lingkungan dan makhluk hidup memang nyata.
Oleh sebab itu, kita harus berusaha meminimalisir penggunaan plastik untuk mengurangi sampah plastik yang akan menjadi penyebab terjadinya bencana.

1. Membawa Botol Minum

Baca Juga

Jika kamu biasa bepergian, bawalah botol minuman yang sudah ada airnya dari rumah. Bawalah juga botol yang kosong untuk dijadikan wadah saat kamu ingin membeli kopi/teh sehingga kamu tidak perlu memakai cup atau wadah plastik.

2. Jangan Gunakan Sedotan Plastik

Setiap kamu memesan minuman hindari memakai sedotan untuk mengurangi penggunaannya.
Sedotan plastik sering banyak ditemui di berbagai tempat terutama di area pantai baik didarat maupun laut yang tentunya akan sangat berbahaya terhadap kehidupan hewan ditengah laut.

3. Hindari Kemasan Makanan baerlebihan

Jika kamu ingin berbelanja baik ke pasar atau ke tempat manapun bawalah tas khusus dari rumah untuk menghindari penggunaan plastik yang banya. Karena tidak jarang kita melihat setiap barang yang di beli pasti mendapatkan bungkus plastik untuk dijadikan wadah.

4. Jangan Gunakan Peralatan Makan dari Plastik

Banyak sekali, mungkin semua pedagang makanan mengemas makanannya dari bahan plastik dan agar menghindari hal tersebut, bawalah tempat makan dari rumah untuk membeli makanan atau yang lainnya agar mengurangi pemakaian plastik yang tentunya akan mengakibatkan sampah plastik menumpuk.

5. Selalu Bawa Tas Belanja

Untuk meminimalisir penggunaan plastik adalah dengan selalu menggunakan/ membawa tas/ kantong belanja kemanapun kita pergi. karena hal ini adalah upaya terbaik dalam mengurangi penggunaan plastik.
Kantong plastik akan menumpuk dan membuat lingkungan tercemar sehingga berdampak terhadap kesehatan makhluk hidup.

Oleh karena itu, Terapkanlah di dalam kehidupan sehari-hari bahwa menjaga lingkungan agar aman dari sampah plastik adalah kewajiban kita. Dan menjadi tanggung jawab kita dalam melindungi bumi ini agar tetap bersih dan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.