oleh

Stop Sering Pakai Ponsel, Ini 5 Dampak Buruk Bagi Kulit

PortalMadura.Com – Di era teknologi seperti sekarang ini, mayoritas orang tidak bisa hidup tanpa ponsel atau smartphone. Ketergantungan akan ponsel membuat orang sulit menjauhkan diri dari gadget yang satu ini.

Namun tahukah Anda, ternyata menghabiskan waktu seharian dengan smartphone atau ponsel terus menerus akan membuat kulit menderita?. Aktivitas buruk ini memang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit jika Anda terus menggunakan ponsel 1×24 jam.

Berikut ini lima kerusakan kulit yang diakibatkan terlalu lama pakai ponsel:

Timbul Keriput
Orang yang kecanduan ponsel akan terus menerus menundukkan kepalanya ke bawah untuk melihat layar dan menyentuh keyboard. Kebiasaan ini akan menyebabkan kondisi yang dinamakan ‘techneck‘, atau timbulnya keriput di sekitar dagu dan leher.

Menyipitkan mata untuk melihat teks yang hurufnya terlalu kecil juga akan menyebabkan keriput di sudut mata. Tidak ingin terlihat tua sebelum waktunya?. Kurangi pemakaian ponsel dari sekarang dan mulailah rawat kulit Anda dengan produk anti-aging.

Alergi
Jika tiba-tiba ada ruam kemerahan atau gatal-gatal pada area wajah dan pipi, mungkin penyebabnya adalah ponsel Anda. Sebuah penelitian mengungkapkan kandungan nikel dan kromium pada casing ponsel berpotensi menyebabkan reaksi kulit seperti alergi, infeksi hingga radang.

Namun, tidak semua casing ponsel mengandung material yang memicu gangguan kulit. Jika kulit Anda cenderung sensitif, pakai penutup casing yang terbuat dari bahan-bahan aman.

Jerawat
Tanpa disadari, ponsel bisa menyimpan banyak kuman dan bakteri yang ditransfer lewat tangan. Belum lagi makeup dan keringat yang menempel saat Anda menggunakan ponsel, akan membuat gadget tersebut jadi ‘sarang’ favorit bakteri. Kotoran dari kulit akan terakumulasi dan akhirnya menyebabkan jerawat.

Selalu jaga kebersihan ponsel dengan rajin mengelapnya menggunakan tisu basah yang mengandung alkohol. Anda juga bisa menggunakan lap khusus monitor ponsel.

Lingkaran Gelap Bawah Mata
Sinar biru dari perangkat elektronik seperti komputer, smartphone, dan tablet bisa mengganggu ritme sirkadian yang membuat Anda sulit tertidur di malam hari. Alhasil, Anda jadi kurang tidur sehingga tubuh dan wajah lesu, lingkaran gelap pun terbentuk di bawah mata.

Segera setelah jam tidur tiba, hentikan aktivitas virtual Anda seperti membuka sosial media, online chat, browsing atau mengecek email. Persiapkan diri untuk tidur agar Anda bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Flek di Wajah
Anda suka bergosip dengan teman, mengobrol bersama kekasih atau rekan kerja dalam waktu lama sampai ponsel terasa panas?. Hati-hati, panas dari ponsel bisa mengakibatkan kerusakan kulit. Panas dari ponsel dapat memengaruhi produksi melanin, menyebabkan timbulnya flek dan warna kulit wajah tidak rata. (detik.com/Salimah)


Komentar