oleh

Subhanallah, Ini 5 Fadilah Salat Lima Waktu Secara Berjemaah

PortalMadura.Com – Bagi umat Islam yang beriman pasti sudah mengetahui tentang keutamaan mengerjakan salat lima waktu secara berjemaah. Sebagaimana sabda Rasulullah, bahwa salatnya orang laki-laki yang dikerjakan dengan berjemaah lebih baik daripada salat selama 40 tahun yang dilakukan orang laki-laki di rumahnya secara munfarid (sendiri).

Bahkan, dalam sebuah riwayat juga menyatakan, salat berjemaah itu lebih utama daripada salat munfarid (salat sendirian), yakni perbandingan pahala antara salat berjemaah dengan salat sendiri adalah 1 banding 27 derajat.

Selain itu, dalam sebuah riwayat lain, Rasulullah juga bersabda bahwa Allah akan memberikan keutamaan bagi orang-orang yang melakukan salat lima waktu dengan cara berjemaah. Lantas, Apa saja keutamaan tersebut?.

Berikut lima keutamaan salat lima waktu yang dilaksanakan secara berjemaah:

Terhindar dari Musibah Kemiskinan
Orang-orang yang selalu melakukan salat lima waktu dengan berjemaah, maka Allah akan menghindarkan orang-orang tersebut dari musibah kemiskinan di dunia karena Allah berjanji akan selalu mencukupi rizki orang-orang yang senantiasa salat berjemaah.

Terhindar dari Siksa Kubur
Allah akan mengangkat atau membebaskan orang-orang yang senantiasa melakukan salat lima waktu dengan berjemaah dari siksa kubur jika mati kelak.

Menerima Buku Catatan Kehidupan dengan Tangan Kanan
Ketika hari akhir tiba, semua manusia akan dibangkitkan dari kematian dan digiring ke padang makhsyar untuk menerima buku catatan kehidupan dari Allah. Manusia yang catatan amal perbuatannya baik akan menerima buku dengan tangan kanan, sedangkan yang amal perbuatan di dunianya jelek, akan merima buku dengan tangan kiri.

Allah telah berjanji kepada orang-orang yang senantiasa melakukan salat lima waktu dengan berjemaah, akan menerima buku catatan dengan tangan kanan.

Melintasi Siratalmustakim dengan Cepat seperti Kilat yang Menyambar
Allah juga berjanji akan memberikan fadilah kepada orang-orang yang senantiasa salat berjemaah berupa melintasi jembatan mustakim kalbarqilkhatifi seperti kilat yang menyambar

Masuk Surga tanpa Hisab dan Siksa
Menurut beberapa hadis kelak semua orang Islam akan dimasukkan surga, tetapi ada yang melewati siksa neraka terlebih dahulu. Keutamaan salat berjemaah yang kelima ini adalah orang yang senantiasa melakukan salat lima waktu dengan berjemaah akan masuk surga Allah tanpa pengadilan dan tanpa siksa. (okezone.com/Salimah)


Komentar