Subhanallah, Ini Penyebab Seluruh Umat Islam di Dunia Selalu Rindu Ingin Kunjungi Mekah

Avatar of PortalMadura.com
Subhanallah, Ini Penyebab Seluruh Umat Islam di Dunia Selalu Rindu Ingin Kunjungi Mekah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Banyak umat Islam yang mengungkapkan bahwa mereka yang sudah pernah berhaji atau umrah pasti rindu ingin kembali berziarah ke Baitullah (rumah Allah). Bahkan, bagi mereka yang belum pernah menginjakkan kaki di tanah suci, hati mereka senantiasa dipenuhi kerinduan untuk menjadi tamu Allah.

Mengapa demikian?. Sebab, rupanya keinginan itu tidak lepas dari doa Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT yang pernah meminta agar menjadi tempat yang dirindukan oleh seluruh keturunannya, selain dari perintah Allah yang mawajibkan berhaji sebagai rukun Islam yang ke lima.

Sebagaimana dalam Alquran surat Ibrahim ayat 37 Beliau berdoa: “Ya Rabb kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Rabb kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan salat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur”.

Ayat di atas menjelaskan, bahwa dari Syaikh Abdurrahman As-Sa'di rahimahullah berkata: “Allah mewajibkan haji ke Baitullah di mana Allah menempatkan anak keturunan Nabi Ibrahim dan Allah menjadikannya suatu rahasia mengagumkan yang memikat di hati”.

“Yaitu orang berhaji (ke Kakbah) dan tidak ditunaikan terus menerus, namun setiap kali seorang hamba pergi bolak-balik ke Kakbah maka semakin bertambah kerinduannya, semakin besar kecintaannya dan kerinduannya“ (Taisir karimir rahman : 427).

Tidak heran, jika umat muslim yang belum pernah ke tanah suci ingin sekali datang, dan yang sudah pernah ingin kembali lagi, sementara yang sudah berhaji ingin datang saat musim haji meski hanya menjadi petugas kebersihan. Betapa mulianya rumah Allah SWT ini. Wallahu A'lam. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.