Manfaat “Sayyidul Istighfar’, Ini Rahasia di Balik Keutamaannya

Avatar of PortalMadura.com
sayyidul istighfar
Keutramaan sayyidul istighfar

PortalMadura.Com – Umat Muslim dianjurkan untuk selalu membaca sebagai bentuk permohonan ampun pada Allah SWT. Hal ini tidak lain agar manusia senantiasa mengakui atas kelemahannya dan selalu berharap ampunan hanya pada Allah.

Adapun bacaan istighfar yang biasa diucapkan adalah astaghfirullah. Tapi selain itu, ternyata ada istighfar yang paling sempurna atau utama yaitu Sayyidul istigfar. Pasalnya, kandungan ayat di dalamnya memiliki banyak manfaat yang jarang orang ketahui.

Manfaat Sayyidul Istighfar

manfaat sayyidul istighfar,

Berikut ini manfaat sayyidul istighfar, tapi tahukah anda bacaan sayyidul istighfarnya? Ini bacaan sayyidul istighfar yang baik untuk Anda baca.

Berikut ini doa sayyidul istighfar:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa'dika mastatho'tu. A'udzu bika min syarri maa shona'tu, abuu-u laka bini'matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta“.

Artinya: ”Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada sesembahan yang haq kecuali Engkau, Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji -Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku, aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau” (HR. Bukhari no. 6306).

Dari ayat di atas, perlu Anda ketahui bahwa manfaat membaca sayyidul istighfar memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat sayyidul istighfar di antaranya:

Masuk Surga

Dalam hadis yang merupakan lanjutan dari hadis di atas, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa mengucapkannya pada siang hari dan meyakininya, lalu dia mati pada hari itu sebelum waktu petang, maka dia termasuk penghuni syurga.

Dan barangsiapa mengucapkannya pada malam hari dalam keadaan meyakininya, lalu dia mati sebelum waktu pagi, maka dia termasuk penghuni syurga”.

Ya, syurga dijanjikan bagi orang yang membaca sayyidul istighfar ini baik di siang hari maupun malam hari.

Diampuni Dosa

Istighfar adalah bacaan yang berharap agar diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT atas kesalahan dan khilaf yang terjadi. Bacaan ini menandakan betapa kecilnya Anda di hadapan Allah. Anda sebagai manusia, adalah tempatnya khilaf dan salah.

Dengan demikian membaca dan mengamalkanya dikehidupan sehari-hari agar nantinya dosa-dosa yang lalu bisa diampuni.

Bentuk Syukur Atas Nikmat Allah

Dalam bacaan sayyidul istighfar tersebut juga terdapat pengakuan atas nikmat yang diberikan Allah SWT pada Anda. Dengan membaca dan mengamalkanya juga merupakan bentuk wujud syukur manusia pada Allah SWT.

Dicintai Allah

Allah berfirman: “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri” (QS.al-Baqarah: 222).

Allah SWT senang terhadap orang yang beristighfar dan memohon ampun. Sebab didalamnya terkandung makna bahwa manusia ingin menjadi lebih baik. Dengan jalan mengakui kesalahan yang telah terjadi dan berniat untuk tidak mengulanginya lagi.

Baca Juga : Manfaat Silaturahim

Mencegah Azab

Firman Allah seperti termaktub dalam QS. Al-Anfal ayat 33: ”Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun”.

Keutamaan orang yang memohon ampun pada Allah SWT adalah dapat terhindar dari azab. Sebab Allah tidak akan mengazab umatnya yang bertaubat dan memohon ampun.

Memperlancar Rezeki

Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda, ”Sesungguhnya seorang hamba boleh tertahan rezekinya karana dosa yang dilakukannya” (HR.Ahmad, Ibnu Hibban dan Ibnu Majah).

Dosa-dosa yang Anda lakukan boleh menjadi penghambat kelancaran rezeki Anda. Oleh kerananya, dengan membacanya dan memohon ampun pada Allah, semoga dosa-dosa yang Anda lakukan itu dapat dihapuskan.

Membersihkan Hati

Khasiat sayyidul istighfar salah satunya dapat membersihkan hati Anda. Banyak hal yang dapat menyebabkan hati Anda menjadi kotor. Dengan membaca dan mengamalkanya diharapkan hati Anda bisa menjadi bersih.

Seperti dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda, ”Apabila seorang mukmin melakukan suatu dosa, maka tercoretlah noda hitam di hatinya. Apabila ia bertaubat, meninggalkannya dan beristighfar, maka bersihlah hatinya” (HR.Nasa'i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Tirmidzi).

Ketenangan Batin

Istighfar adalah bentuk pengakuan atas segala dosa dan kesalahan yang Anda perbuat. Hanya dengan memohon ampunan-Nya, batin Anda bisa menjadi tenang.

Nah, itulah keistimewaan sayyidul istighfa, sehingga membaca sayyidul istighfar penting dan perlu Anda biasakan setiap hari, supaya Anda bisa menjadi orang yang beruntung karena diampuninya dosa Anda oleh Allah SWT.

Namun tentunya manfaat baca sayyidul istighfar akan semakin bagus jika anda landasi dengan rasa ikhlas beribadah untuk Allah SWT. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.