oleh

Subhanallah, Inilah Salat Sunah Yang Haramkan Pelakunya dari Neraka

PortalMadura.Com – Setiap umat Islam pasti berkeinginan untuk bisa masuk surga dan dijaukan dari api neraka. Dua tempat itulah yang akan menjadi tempat manusia di akhirat. Jika tidak masuk surga, berarti akan masuk ke neraka atau sebaliknya.

Namun tahukah Anda?. Ternyata, ada salat sunah yang fadhilahnya membuat pelakunya diharamkan masuk neraka. Sayangnya, salat sunah ini jarang dilakukan oleh sebagian umat muslim. Salat sunah yang satu ini tidak lain adalah empat rakaat qabliyah (sebelum) salat Zuhur dan empat rakaat ba’diyah (setelah) salat Zuhur.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Barangsiapa menjaga empat rakaat sebelum Zuhur dan empat rakaat sesudahnya, maka diharamkan neraka atasnya,” (HR. Abu Daud; shahih).

Bahkan dalam riwayat lain, disebutkan bahwa lebih ringan dengan kata mengerjakan salat, bukan menjaganya. Yang artinya, membiasakan, tidak berarti harus setiap hari. “Barangsiapa salat empat rakaat sebelum Zuhur dan empat rakaat sesudahnya, maka Allah SWT mengharamkannya masuk neraka,” (HR. An Nasa’i dan Ahmad; shahih).

Lalu, mengapa masih banyak orang yang tidak mengerjakan salat delapan rakaat ini?. Kerena kedelapan rakaat tersebut tidak semuanya masuk kategori salat sunah muakkad (salat sunah yang ditekankan).

Salat sunah muakkad hanya empat rakaat qabliyah zuhur dan dua rakaat ba’diyah zuhur. Sementara dua rakaat ba’diyah sisanya merupakan salat sunah ghairu muakkad. Maka jika digabungkan, keseluruhan delapan rakaat itu merupakan salat sunah dengan fadhilah (keutamaan) yang luar biasa dan mengharamkan pelakunya dari neraka. (bersamadakwah.net/Salimah)


Komentar