oleh

Sudah Setahun Wings Air Hentikan Penerbangan Sumenep-Surabaya, Diprediksi Hingga Akhir Mei 2021

PortalMadura.Com, Sumenep – Maskapai Wings Air (Wings Abadi Airlines) sudah satu tahun menghentikan pelayanan rute penerbangan dari Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya menuju Bandar Udara Trunojoyo Sumenep, Madura, Jawa Timur. Hal ini diprediksi akan berlangsung hingga akhir bulan Mei 2021.

“Wings Air belum bisa melaksanakan penerbangan pada rute tersebut. Ditambah situasi pandemi Covid-19,” terang Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (Bandara) Kelas III Trunojoyo Sumenep, M. Qodri Arqodri Arman, Jumat (21/5/2021).

Wings Air menghentikan pelayanan rute Sumenep-Surabaya sejak Maret tahun 2020 setelah Covid-19 melanda tanah air. Selain pengguna jasa transportasi udara minim dari Sumenep ditambah lagi dengan kebijakan yang ketat.

Menurut dia, pengguna jasa penerbangan Sumenep-Surabaya ditargetkan 35 seat. Namun, pengguna jasa tidak mencapai target sehingga penerbangan dihentikan.

“Jika sudah ada penumpang yang memenuhi target, akan kembali dioperasikan. Kami juga minta dukungan media [portalmadura.com, red] dengan adanya informasi ini masyarakat bisa kembali menggunakan maskapai Wings Air,” harapnya.

Penjualan tiket jasa transportasi udara dengan maskapai Wings Air setiap harinya ada, kata dia, hanya saja pengguna jasa sangat minim. “Meski penjualan tiket menggunakan aplikasi, tetap tidak mencapai target,” terangnya.

Sedangkan pelayanan menggunakan penerbangan perintis rute Sumenep-Pagerungan dan Sumenep-Bawean tetap beroperasi dengan jumlah maksimal. “12 seat terisi semua,” katanya.

Jarak tempuh Sumenep-Pagerungan perlu waktu satu jam dengan memanfaatkan Bandara Pagerungan, Desa Pagerungan Besar, Pulau Pagerungan, Kecamatan Sapeken.

Bandara Pagerungan tersebut milik Kontraktor Kontrak Kerja (K3S) Kangean Energi Indonesia, Ltd (KEI) yang disetujui Kementerian Perhubungan menjadi bandara umum. (*)

Penulis : Taufikurrahman
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar