Sudahkah Cara Wudu Anda Benar Sesuai Tuntunan Rasulullah?

  • Bagikan
Sudahkah Cara Wudu Anda Benar Sesuai Tuntunan Rasulullah?
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Wudu merupakan syarat menyucikan diri sebelum salat dengan membasuh muka, tangan, kepala dan kaki. Bagi umat muslim kebiasaan ini sudah tidak asing lagi, karena sejak kecil sudah mengetahuinya bahkan mengamalkannya setiap kali akan melaksanakan salat.

Akan tetapi yang menjadi pertanyaan, apakah wudu yang Anda kerjakan selama bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun itu telah benar sesuai dengan apa yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi was sallam?. Pasalnya, apabila cara wudunya salah maka salatnyapun juga tidak sah. Dalam sebuah hadis menjelaskan, “Tidak diterima salat orang yang berhadats sampai ia berwudu,” (HR. Bukhori no. 135, Muslim no. 225).

Lantas bagaimana cara berwudu yang benar?. Dari berbagai referensi yang insya Allah kuat, berikut adalah ringkasan bagaimana tata cara wudu yang harus dilakukan:

1. Berniat untuk berwudu di dalam hati dengan tidak mengucapkannya. Karena Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah melafadzkan niatnya baik di dalam wudu maupun salatnya, dan juga seluruh ibadahnya. Begitu pula karena Allah Subhanahu wa Ta’ala mengetahui apa yang ada di dalam hati sehingga tidak ada perlunya untuk diberitakan lewat lisannya.

2. Menyebut nama Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan membaca bismillah.

3. Mencuci telapak tangannya tiga kali.

4. Kemudian berkumur dan istinsyaq (yaitu memasukkan air ke hidung) tiga kali.

5. Membasuh wajahnya tiga kali. Yaitu secara melebar dari telinga ke telinga dan memanjang dari mulai tempat biasanya tumbuhnya rambut di kepala bagian atas sampai ke ujung dagu/jenggot.

6. Membasuh kedua tangannya tiga kali dari mulai ujung jari tangan sampai ke siku, dimulai dari tangan yang kanan dan setelah itu yang kiri.

7. Mengusap kepalanya sekali yaitu dengan membasahi kedua telapak tangannya dan mengusapkannya dari mulai bagian depan kepala terus ke belakang hingga batas tengkuknya dan kemudian dikembalikan ke bagian depan kepala lagi.

8. Mengusap kedua telinganya sekali dengan memasukkan kedua telunjuknya ke bagian dalam lubang telinga dan kedua ibu jarinya mengusap bagian luar telinga.

9. Membasuh kakinya tiga kali dimulai dari ujung jari kaki sampai ke kedua mata kaki. Dimulai dari kaki yang kanan dan setelah itu kaki yang kiri.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bagi yang belum mengamalkannya dengan baik hendaknya untuk segera melakukannya. Wallohu alam bi shawwab. (islamidia.com/Putri)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.