Sumenep Bangun Sinergitas dengan Pelaku Usaha Pariwisata

Avatar of PortalMadura.com
Bimtek bagi pelaku usaha pariwisata Sumenep (Foto. Nanik Dwi Jayanti)
Bimtek bagi pelaku usaha pariwisata Sumenep (Foto. Nanik Dwi Jayanti)

PortalMadura.Com, – Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar bimbingan teknis dan pelatihan bagi pelaku usaha pariwisata, Jumat (2/8/2019).

Acara ini diselenggarakan di salah satu hotel di Jalan Trunojoyo Sumenep yang diikuti 55 peserta. Mereka terdiri dari agen travel, pemilik hotel, homestay, restoran dan pemandu wisata dengan mendatangkan pemateri salah satunya dosen dari Universitas Brawijaya Malang.

Kepala Disparbudpora Sumenep, Carto menyampaikan, kegiatan itu merupakan upaya untuk membangun sinergitas antar pegiat kepariwisataan, sehingga dapat terjalin kerja sama yang saling menguntungkan di antara pelaku usaha.

Pariwisata sendiri merupakan industri yang di dalamnya terdiri dari beberapa usaha yang saling berkaitan, melengkapi, dan bekerja sama dalam memenuhi kebutuhan serta pelayanan wisatawan.

“Selama ini mereka sebagai agen biro perjalanan masih bingung gitu lho. Aku sudah mendatangkan banyak wisatawan, aku dapat apa?. Ini yang kami fasilitasi,” terangnya.

Pihaknya juga berharap dengan terjalinnya kerja sama yang baik, nantinya akan tercipta standar usaha dan peningkatan kualitas pelayanan pelaku usaha. Dengan demikian, akan menambah daya saing industri pariwisata nasional.

Bahkan, direncanakan pemerintah juga akan meningkatkan di sektor kesenian lokal yang ada di Kabupaten Sumenep demi mendukung usaha pariwisata yang berkualitas.

“Kalau kita datangkan seni kan harus bayar gitu lho, saling bermanfaat. Jadi seninya kita maju kita juga maju,” pungkasnya.(*)

Baca Juga :

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.