Sumenep Dorong Koperasi Perkuat Kelembagaan, Percepat Ekonomi Kerakyatan

Avatar of PortalMadura.Com
Sumenep Dorong Koperasi Perkuat Kelembagaan, Percepat Ekonomi Kerakyatan
Wabup Sumenerp, Achmad Fauzi memberi penghargaan (Foto. Kominfo Sumenep)

PortalMadura.Com, – Keberadaan koperasi di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur cukup signifikan jumlahnya. Hingga Agustus 2018 ini mencapai 1.579 unit dan 320 diantaranya berstatus tidak aktif.

Sedangkan jumlah anggota koperasi mencapai 535 ribu 941 orang dengan modal sendiri mencapai Rp 199 miliar lebih dan nilai aset Rp 260 miliar lebih. Koperasi tersebut tersebar di daratan maupun di kepulauan.

Wakil Bupati Sumenep, mengemukakan, keberadaan koperasi saat ini perlu diperkuat dari segi kelembagaan dan membangun komitmen bersama antar anggota dan harus terus berinovasi.

“Pemerintah daerah tentu akan mendorong keberadaan koperasi itu guna mempercepat ekonomi kerakyatan agar kesejehteraan masyarakat semakin membaik serta meningkat,” katanya, Minggu (5/8/2018).

Pada kesempatan pembinaan, pengawasan dan pemberian hadiah bagi koperasi berprestasi tahun 2018 di lapangan Giling, Sumenep tersebut, juga meminta agar koperasi yang tidak aktif segera dibubarkan.

“Yang berstatus tidak aktif harus dievaluasi, bahkan jika tidak bisa dibina, ajukan pembubaran kepada Menteri Koperasi agar tidak menjadi beban bagi pemerintah daerah,” tandasnya.

Menurutnya, pengurus dan anggota koperasi harus berkomitmen untuk memacu menguatkan kelembagaannya dengan berbagai kegiatan yang dilakukan supaya semakin berkembang maju dan produktif.

Pihaknya mengakui, jika keberadaan koperasi perlu terus didorong karena pada tahun 2018 ini belum ada koperasi berprestasi di tingkat provinsi.

“Itu artinya, koperasi di daerah lain sudah semakin maju dan meninggalkan kita, sehingga harus menjadi cambuk dan bahan evaluasi bagi pengurus koperasi,” kata politisi PDI Perjuangan Sumenep ini.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Sumenep, Imam Trisnohadi berkomitmen untuk memacu dan mengembangkan koperasi dan UMKM.

“Penguatan kelembagaan koperasi harus terus ditingkatkan, sebab sebesar apapun anggaran dari pemerintah untuk membantu koperasi, jika kelembagaannya tidak kuat sudah pasti tidak akan maksimal,” imbuhnya.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.