Jahe Ternyata Disebutkan dalam Alquran, Ini Keistimewaannya

Avatar of PortalMadura.com
Jahe Ternyata Disebutkan dalam Alquran, Ini Keistimewaannya
ilustrasi

PortalMadura.Com atau yang dalam Bahasa Arabnya disebut zanjabil merupakan salah satu bahan dapur yang memiliki banyak manfaat, baik itu untuk kesehatan maupun kecantikan. Bahkan, tanaman yang satu ini memiliki keistimewaan yang disebutkan dalam .

Sebagaimana firman Allah SWT: “Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe,” (QS. Al-Insan : 17).

Selama berabad-abad, manusia telah memanfaatkan jahe. Masyarakat kuno pun percaya bahwa jahe dapat digunakan untuk menyembuhkan rematik, keseleo dan mengeringkan bekas luka.

Saat ini, minuman hangat dengan campuran irisan jahe segar dan madu sangat digemari. Masyarakat Arab sangat menyukai jahe, komoditi yang mereka peroleh dari perdagangan Arab-India.

Perlu umat Islam ketahui, bahwa tanaman jahe sudah dibudidayakan di India sejak dulu. Dalam pustaka kuno, para ahli pengobatan India menyatakan, pentingnya peran jahe dalam pengobatan.

Tercatat dalam sejarah bahwa pada masa hidupnya, Rasulullah pernah menerima satu guci asinan jahe, hadiah dari kaisar Byzantium. Lalu, Rasulullah menyantapnya sekaligus membagikannya kepada sahabat-sahabatnya.

Tafsir Mazhari menjelaskan, bahwa masyarakat Arab menggemari jahe dan menggunakannya sebagai campuran minuman dan pengobatan. Jahe adalah bahan obat yang tergolong sangat aman, sehingga dapat ditemukan di hampir setiap rumah tangga.

Penggunaannya sejak ratusan tahun lalu di China, India, Timur Tengah, Pakistan, dan Eropa menunjukkan, betapa jahe sangat aman dan berguna. Penelitian modern bahkan mengonfirmasi lebih lanjut kebenaran apa yang telah ditemukan para ahli sebelumnya, seperti Ibnu Sina.

Selain itu, jahe diketahui mujarab mengobati gangguan sirkulasi darah dan kondisi jantung yang buruk. Penyakit jantung adalah salah satu penyakit penyebab kematian dalam dunia modern saat ini. Hampir dua per tiga penduduk dunia saat ini memiliki penyakit yang disebabkan oleh tingginya kandungan kolesterol darah, di mana setengah di antaranya akan mengalami serangan jantung, stroke atau penyakit sirkulasi darah lainnya.

Untuk itu, jahe juga dapat berperan sebagai aspirin alami yang tidak menimbulkan efek samping layaknya aspirin buatan. Selain itu, bubuk jahe kering juga dipercaya dapat meningkatkan daya ingat. Wallahu A'lam.(okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.