Sumenep Kembangkan Perpustakaan Digital, Ayo Download di Google Play Store

Avatar of PortalMadura.Com
Sumenep Kembangkan Perpustakaan Digital, Ayo Download di Google Play Store
Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep (Foto. Joni Suhartono)

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jatim telah mengembangkan inovasi baru berupa yang dapat diakses di google play store melalui smartphone.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep Ferdiansyah Tetrajaya menyampaikan, layanan perpustakaan digital itu sebagai upaya agar lebih cepat diterima oleh masyarakat seiring dengan kemajuan teknologi.

“Caranya, masyarakat dapat mendownload di google play store. Sudah tersedia 7.300 buku yang bisa dibaca dimanapun dan kapanpun,” terang Ferdiansyah, Kamis (17/1/2019). Download DISINI.

Selain itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep memberi layanan yang seluas-luasnya. Artinya, melayani masyarakat di luar jam kerja. “Dari Senin sampai hari Minggu kami melayani,” katanya.

Bahkan, pada Car Free Day di jantung kota Sumenep, pihaknya hadir dengan menyediakan buku bacaan untuk masyarakat. “Belum perpustakaan keliling ke lembaga pendidikan yang sudah terjadwal dengan rutin,” jelasnya.

Bagi anak-anak PAUD atau TK ada layanan rumah dongeng di kantor Perpustakaan Sumenep. Mereka bebas mengunakan fasilitas untuk merefresh anak-anak.

“Jadi, tidak hanya di sekolah, tapi mereka bisa memanfaatkan rumah dongeng itu,” ucapnya.

Pihaknya juga membuka diri bagi lembaga pendidikan yang hendak melakukan peminjaman sejumlah buku paket. Asal ada yang bertanggungjawab tetap akan dilayani.

“Misalnya dalam jangka waktu tertentu, satu sampai dua bulan untuk meminjam buku paket. Itu boleh. Setelah itu kembalikan,” katanya.

Buku-buku tersebut memang sengaja untuk dipinjamkan dalam waktu tertentu agar yang lain kebagian manfaatnya.

“Jadi, tidak ada hibah buku, tapi kalau dipinjamkan maka buku itu akan bermanfaat kepada seluruh masyarakat Sumenep. Buku itu tetap ada pada kami,” terangnya.

Pengembangan kedepan, pihaknya juga akan melayani peminjaman buku dengan cara diantarkan ke rumah masyarakat. “Tentunya, layanan ini khusus bagi member,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, dengan sejumlah inovasi tersebut timbul minat baca masyarakat semakin tinggi. Kemudian ketika minat baca tinggi, maka akan menjadi orang yang gemar membaca.

“Maka, taraf kecerdasan akan semakin meningkat. Dampaknya tentu pada peningkatan kesejehteraan masyarakat dan sesuai dengan jargon Literasi Untuk Kesejehteraan,” tandasnya.

Ia meyakini, bahwa buku lebih tajam dari peluru. “Kalau peluruh itu hanya bisa melukai satu kepala, tapi kalau buku bisa melukai banyak kepala,” pungkasnya.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.