oleh

Sumenep Siap Gelar Pilkada Langsung, Rp 25 Miliar Sudah Dianggarkan

PortalMadura.Com, Sumenep – Meski Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan dilakukan oleh DPRD atau dipilih secara tidak langsung, namun Pemkab Sumenep, Madura, Jawa Timur sudah siap menggelar Pilkada langsung dengan nilai anggaran sebesar Rp 25 miliar.

“Dana untuk Pilkada itu merupakan dana cadangan yang disiapkan sejak tahun anggaran 2010,” kata Sekrestaris Daerah (Sekda) Sumenep, Hadi Soetarto, Senin (29/9/2014).

Meski undang-undang Pilkada masih dipersoalkan oleh berbagai pihak karena dianggap merampas hak rakyat, pada prinsipnya Pemkab Sumenep tunduk pada aturan yang ada. Apakah kepala daerah dipilih oleh DPRD atau secara langsung.

“Kalaupun harus dipilih langsung oleh rakyat, pemkab sudah siap. Karena sudah dialokasikan dana dengan cara mencicil sebesar 5 miliar rupiah pertahun untuk Pilkada,” urainya.

Pihaknya yakin anggaran yang disiapkan tersebut cukup untuk kebutuhan Pilkada jika dilaksanakan secara langsung atau kepala daerah dipilih oleh rakyat.

“Namun, jika Pilkada itu dipilih oleh DPRD, maka anggaran tersebut tidak akan digunakan, tapi akan dikembalikan ke kas daerah. Kemudian dialihkan pada program prioritas pemerintah daerah,” pungkasnya. (arif/htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.