Sumenep Spektakuler Sedot Wisman dan Pukau Pengunjung

Avatar of PortalMadura.com
Sumenep Spektakuler Sedot Wisman dan Pukau Pengunjung
Salah satu wisatawan manca negara menikmati kerajinan topeng khas Sumenep (Foto. Firman @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Even Sumenep Spektakuler yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mampu menyedot perhatian Wisatawan Mancanegara (Wisman) dan mampu memukau ribuan pengunjung.

Sumenep Spektakuler dimulai sejak pukul 19.00 WIB, Rabu (27/11/2019), bertempat di depan Labang Mesem Keraton Sumenep hingga taman bunga. Program Visit Sumenep 2019 ini menyajikan 16 kesenian dan budaya lokal yang dimiliki masyarakat Sumenep.

Salah satu Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang ikut menikmati potensi Sumenep itu adalah Mr. Ron asal Australia. Ia terpantau menikmati Jaran Kencak (jaran kenca’), seni kerajinan topeng dan seni lainnya.

Sumenep Spektakuler Sedot Wisman dan Pukau Pengunjung
Jaran Kencak dengan pengantin ala Sumenep (Foto Firman @portalmadura.com)

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Carto menjelaskan, even Sumenep Spektakuler salah satu cara untuk penguatan kecintaan masyarakat terhadap seni tradisional.

Baca Juga:  Indra Sumbang Emas Lari Estafet Mix Senior di Kejurnas Atletik 2022

“Ini Sumenep yang sebenarnya. Para seniman dan budayawan ayo sama-sama bergerak dan kembangkan literasinya agar kekayaan kita tidak hilang,” katanya.

Salah satu penyelamatan terhadap seni budaya yang dimiliki Sumenep, pihaknya sudah bekerjasama dengan pihak UTM untuk membukukannya. “Kita kadang hanya bisa bicara dan belum bisa menulis. Nah! ini waktunya kita menulis,” ucapnya.

Pada momentum Sumenep Spektakuler tersebut menyajikan sejumlah kesenian dan budaya Sumenep, antara lain, hadrah, samman, ludruk, jaran kencak, musik saronen, kendang dumik, tari gambu, dan galundang serta seni khas Sumenep lainnya.(*)

Baca Juga :

https://portalmadura.com/sumenep-spektakuler-wadah-belajar-beragam-kesenian-daerah-214211

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.