oleh

Sumenep Spektakuler Wadah Belajar Beragam Kesenian Daerah

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan menggelar Sumenep Spektakuler, Rabu (27/11/2019).

Dalam momentum yang bertajuk “Sumenep Rumah Seni Budaya, Sumenep Rumah Kita” tidak hanya dapat menikmati beragam kesenian khas lokal Sumenep.

Program Visit Sumenep 2019 yang diprakarsai tiga OPD, yakni Disparbudpora, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Sumenep akan memberikan pelajaran seni bagi publik.

Sedikitnya 16 jenis kesenian yang akan disajikan dari depan Labeng Mesem hingga Taman Adipura Potre Koning Sumenep.

“Siapapun yang ingin menjajal ya dipersilakan. Semua wisatawan dan masyarakat umum boleh belajar,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Carto, Selasa (26/11/2019).

Loading...

Kesenian khas lokal Sumenep yang akan disajikan, antara lain, ada ludruk, musik saronen, musik hadrah (rebana), macapat, karawitan (klenengan), tari dan kerajinan topeng, sandur, kendang dumik, samman, tari gambu, galundang. “Ada juga membatik dan kesenian lainnya,” urainya.

“Jadi, tidak hanya menonton. Sifatnya edukasi, siapapun boleh untuk belajar,” lanjutnya.

Kemasan tersebut diyakini akan menarik wisatawan luar daerah maupun mancanegara. Menurutnya, para wisatawan ingin tahu tentang kesenian khas daerah.

“Di sini tempatnya, Sumenep rumah kita. Orang-orang yang bisa mengajar, sudah kita persiapkan,” pungkasnya.(*)


Penulis : Putri Kuzaifah
Editor : Hartono


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar