Survei ARCI: Emil, Eri dan Achmad Fauzi Paling Potensial Cawagub Jatim

Avatar of PortalMadura.com
Survei ARCI: Emil, Eri dan Achmad Fauzi Paling Potensial Cawagub Jatim
dok. Emil Elestianto Dardak, Achmad fauzi, dan Eri Cahyadi (ist)

PortalMadura.Com – Hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menyebutkan, ada tiga tokoh yang potensial untuk maju pada Pilgub Jawa Timur 2024.

Tiga figur itu, Emil Elestianto Dardak (Wagub Jatim), Eri Cahyadi (Wali Kota Surabaya) dan Achmad Fauzi (Bupati Sumenep).

PortalMadura.Com, Rabu (30/11/2022) melansir republika.co.id dari rilis ARCI disebutkan, Emil Elestianto Dardak berada di puncak dengan raihan 18,1 persen.

Di posisi kedua, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dengan elektabilitas 8,5 persen. Sedangkan Bupati Sumenep Achmad Fauzi dengan elektabilitas 6,8 persen.

“Nama-nama tiga besar ini masing-masing memiliki faktor X,” kata Direktur ARCI Baihaqi Siraijt.

Disebutkan, Emil Dardak diuntungkan dengan posisinya sebagai wakil gubernur Jatim mendampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Emil bisa lebih leluasa berkeliling dan menyapa masyarakat Jatim dibanding pesaingnya.

Dua tokoh pesaingnya, yakni Eri Cahyadi dan Achmad Fauzi lebih banyak ditopang oleh kinerja mereka sebagai kepala daerah.

“Tapi, tren elektabilitas tiga nama ini terus mengalami kenaikan dibanding hasil survei sebelumnya,” terangnya.

Simulasi yang dilakukan ARCI, pasangan Cagub-Cawagub yang berpotensi berkontestasi pada Pilgub Jatim 2024, jika Emil Dardak tak lagi mendampingi Khofifah dan memilih maju sebagai cagub, duet Khofifah Indar Parawansa-Achmad Fauzi paling diminati oleh responden pada Pilgub Jatim 2024.

Duet Khofifah-Fauzi menempati urutan pertama dengan raihan 41,3 persen. Ada pula simulasi pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Azwar Anas dengan raihan elektabilitas 15,7 persen, dan pasangan Emil Elestianto Dardak-Eri Cahyadi dengan raihan 19,5 persen.

“Khofifah punya basis massa yang kuat di kalangan Nahdliyin tentu ini modal yang sangat penting. Di samping itu, Fauzi cukup berhasil memimpin Kabupaten Sumenep,” kata Baihaqi.

Survei ARCI dilakukan pada 10 November hingga 20 November 2022. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden, dan angka margin of error di kisaran 2,8 persen. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.