Swalayan Wiraraja Mart Dibuka, Tampung Produk UMKM Binaan Dosen

  • Bagikan
Swalayan Wiraraja Mart Dibuka Tampung Semua Produk UMKM Binaan Dosen1
Swalayan Wiraraja Mart, Jl. Jokotole - Lingkar Barat No. 9, Gedungan, Kecamatan Batuan, Sumenep.(@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Universitas Wiraraja (Unija) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, memiliki Swalayan Wiraraja Mart.

Badan usaha berbentuk koperasi itu, bertempat di Jl. Jokotole – Lingkar Barat No. 9, Gedungan, Kecamatan Batuan, Sumenep.

Pada Selasa (19/10/2021) secara resmi telah dibuka dengan kemasan acara, “Grand Opening Swalayan Wiraraja Mart dan Kantor Koperasi Dosen dan Karyawan Universitas Wiraraja“.

Swalayan Wiraraja Mart Dibuka Tampung Semua Produk UMKM Binaan Dosen2
Pengguntingan pita oleh Ketua Yayasan Unija Kurniadi wijaya menandai pembukaan Swalayan Wiraraja Mart (@portalmadura.com)

“Semua produk UMKM binaan para dosen Wiraraja, sudah bisa masuk,” terang Rektor Unija Sumenep, Dr. Sjaifurrachman, pada PortalMadura.Com.

Produk UMKM itu tentunya yang sudah memenuhi kualifikasi, seperti label halal dan sudah terdaftar di BPOM. “Cara memasukkan produk UMKM itu melalui wadah Industri Kecil Menengah (IKM),” terangnya.

IKM itu, kata dia, dalam rangka mempermudah masuknya produk UMKM lokal Sumenep. “Bukan secara personal memasukkan produk UMKM, tapi melalui IKM,” katanya.

Pihaknya menyarankan agar para pelaku UMKM binaan dosen Unija bergabung terlebih dahulu dengan IKM.

Swalayan Wiraraja Mart Dibuka Tampung Semua Produk UMKM Binaan Dosen3
Rektor Unija Sumenep, Dr. Sjaifurrachman, menunjukkan produk UMKM binaan dosen Unija (@portalmadura.com)

Ia menyampaikan, Swalayan Wiraraja Mart merupakan lembaga koperasi yang berbadan hukum dan dikelola bersama anggota untuk memenuhi kebutuhan bersama, terutama dalam bidang ekonomi.

“Fungsinya, salah satunya untuk membangun dan mengembangkan potensi yang dimiliki dalam upaya meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Dengan lahirnya Wiraraja Mart, kata dia, adalah langkah awal untuk mengembangkan usaha. Selain itu, koperasi dosen dan karyawan ini, juga memiliki keinginan untuk membuka lapangan kerja.

Menurut dia, agar Wiraraja Mart menjadi tujuan tempat berbelanja masyarakat, maka Wiraraja Mart menyediakan semua kebutuhan masyarakat sehari-hari yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengawas dan anggota.

Bahkan, pihaknya optimis, Wiraraja Mart akan menjadi usaha yang dapat bersaing dengan pelaku usaha lain di Sumenep. “Dasar semangat para anggota inilah yang menjadi modal utama,” katanya.

“Selama ini, para dosen Unija menjadi sendi-sendi dengan melakukan pembinaan UMKM. Dan mereka memang jago-jago. Lalu, saya minta, ayo buktikan sendiri. Ternyata bisa,” sambungnya.

Swalayan Wiraraja Mart dengan semboyan Murah, Ramah dan Amanah diyakini akan menjadi idola masyarakat Sumenep khususnya dan umumnya Madura.

Pada momentum “Grand Opening Swalayan Wiraraja Mart dan Kantor Koperasi Dosen dan Karyawan Universitas Wiraraja” tersebut, hadir sejumlah undangan, di antaranya, unsur Dinas Koperasi Sumenep, perbankan, IKM Sumenep, Forum Koperasi Wanita Sumenep, Perwakilan Distributor dan para civitas akademika Unija.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.