Tagana Cari Korban Gempa Sumenep, Terasa Dua Kali Getaran Cukup Keras di Pulau Raas dan Sapudi

  • Bagikan
Tagana Sumenep
Dok. Tagana Sumenep untuk menjalankan misi kemanusiaan di Pulau Sapudi Sumenep tahun 2018. (Foto. Istimewa)

PortalMadura.Com, Sumenep – Taruna Siaga Bencana (Tagana) bergerak melakukan pencarian gempa Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa 2 April 2019.

“Getaran gempa dirasakan dua kali. Saat ini, Tagana sedang menelusuri kemungkinan adanya korban, karena getaran dirasakan cukup keras,” kata kepala BPBD Sumenep, Abd Rahman Riadi, pada PortalMadura.Com.

Getaran gempa sebanyak dua kali cukup dirasakan di Pulau/Kecamatan Raas dan Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep. “Kalau di Pulau Raas itu lebih merasakan getaran karena lokasi gempa lebih dekat,” jelasnya.

Warga di dua pulau tersebut merasakan gempa pertama pada pukul 05.13 WIB dan getaran keras kembali dirasakan pukul 08.22 WIB.

BMKG menyebutkan, lokasi gempa berada di 7,24 lintang selatan, dan 114,60 bujur timur.

Pusat gempa berada di kedalaman 10 km. (titik gempa) 84 km tenggara Sumenep, Jawa Timur. Gempa tidak berpotensi tsunami.

BPBD Sumenep memastikan tidak ada korban di Pulau Sapudi. “Sapudi dipastikan aman, Raas dalam penelusuran. Yang jelas, kami belum menerima adanya korban gempa,” Abd Rahman Riadi kembali menegaskan.

Pulau/Kecamatan Raas Kabupaten Sumenep mempunyai luas total wilayah 38,9 km2 yang meliputi 9 desa.

Kecamatan Raas terdiri dari 14 pulau, dengan 9 pulau berpenghuni, dan 5 pulau tidak berpenghuni.

Pada sisi sebelah utara kecamatan Pulau/Kecamatan Raas dibatasi oleh Selat Madura, sebelah selatan dibatasi Laut Jawa, sebelah timur dibatasi oleh Selat Kangean, dan sebelah barat dibatasi oleh Selat Sepudi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.