Tahap Penentuan Tugas, Capaska Sumenep ‘Ditempa’

Avatar of PortalMadura.com
Tahap Penentuan Tugas, Capaska Sumenep 'Ditempa'
Capaska Sumenep tahun 2022 sedang menjalani latihan (Nor Fitriyah @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka () 2022 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, memasuki tahap penentuan tugas dan posisi saat bertugas nanti.

Ada 75 orang yang sedang ‘ditempa' atau digembleng di lapangan A Yani, Pangligur, Sumenep, Senin (25/7/2022). Mereka berasal dari berbagai lembaga pendidikan setingkat SMA sederajat, baik kepulauan dan daratan.

Pengebar bendera pada HUT Kemerdekaan RI ini, lebih familiar disebut (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka).

Salah seorang pelatih Paskibraka Sumenep Peltu Moh. Hosni, Kodim 0827/ Sumenep menjelaskan, latihan kali ini sudah pada tahap pemilahan tugas dan posisi saat pelaksanaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun 2022.

“Pembentukan pencarian siapa yang mau jadi penjuru, siapa yang menjadi pasukan delapan, dan lain-lain,” terangnya.

Yang ikut pelatihan Paskibraka, kata dia, seluruhnya ada 75 orang. Di antara mereka juga ada yang dari pondok pesantren (ponpes). “Seluruhnya sekitar 75 anggota, dari tingkat SMA baik pulau Kangean, Sapeken ada. Dari madrasah, MAN, bahkan dari pondok,” terangnya.

Pengambilan calon Paskibraka yang dilakukan secara bertahap dan ketat itu merupakan perwakilan dari setiap sekolah. “Perwakilan setiap sekolah ada, karena kita ingin mencari penggerak di sekolah,” jelasnya.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga Disbudporapar Sumenep Edy Suprayitno menjelaskan, dua peserta dari 75 calon Paskibraka Sumenep terpilih atau sebagai perwakilan Sumenep ditingkat Jawa Timur.

“Capaska Jatim itu, ada dua yang dari Sumenep, satu perempuan dan satu laki-laki. Mereka siswa dan siswi SMA 1 dan SMA 2 Sumenep,” sebutnya.

Ia menambahkan, selama proses latihan Capaska, melibatkan 9 pelatih. “Dari TNI 3, Polri 3, PPI 3. Jadi, total ada 9 pelatih yang mendukung Capaska tahun 2022,” tandasnya.

Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun 2022 ini bertajuk “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.