2023, Sampah Ditarget Jadi Sumber PAD Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
2023, Sampah Ditarget Jadi Sumber PAD Sumenep
dok. kondisi sampah di TPA Batuan Sumenep (DLH for @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menargetkan sampah menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2023.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep berjanji akan mengolah sampah menjadi barang bernilai untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Sumenep.

“Kita akan melakukan MoU (Memorandum of Understanding) dengan pihak ketiga untuk mengolah sampah sehingga menghasilkan PAD,” terang Kepala Dinas DLH Sumenep Arif Susanto, Senin (25/7/2022).

Ia tidak menggambarkan secara detail hal tersebut. Namun, sudah pada mempertimbangkan lembaga ketiga itu, mulai dari korps sukarela (KSR) atau pihak Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Mengolah sampah dan dijual, tanpa kami menyediakan biaya operasional pengolahannya. Tinggal kita terima bersih dari bagi hasil dan masuk ke PAD,” katanya.

Data pada tahun 2021, sampah yang dibuang tanpa dikelola ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Torbang, Kecamatan Batuan, Sumenep, mencapai 28 ton per hari.

Baca Juga:  Temui Paskibraka, Bupati Sumenep Ingatkan Fokus Latihan dan Jaga Kesehatan

Berbagai jenis sampah itu menggunung di lahan seluas 8 hektar. Selama ini, proses penghancuran dilakukan dengan cara manual yakni ditimbun dengan mengunakan ekskavator dan hanya dimanfaatkan oleh pemulung.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.