oleh

Tahap Tumbuh Kembang Bayi Usia 0-12 Bulan

PortalMadura.Com – Tumbuh kembang setiap bayi tidak sama satu dengan yang lain. Sebagai orang tua Anda harus mengetahui tumbuh kembang bayi Anda di usia 0-12 bulan. Karena pada masa perkembangan ini akan banyak perubahan yang terjadi pada anak yang harus diawasi secara rutin.

Dilansir dari laman Health.Detik.Com, Senin (29/6/2020) berikut tahap perkembangan bayi di usia 0-12 bulan.

Tahap Tumbuh Kembang Bayi Usia 0-12 Bulan

Bayi Baru Lahir – 1 Bulan

Pada tahap ini, bayi akan kehilangan sekitar 10% berat badan pada hari kedua setelah lahir. Namun hal ini merupakan hal yang normal. Dia akan mendapatkan berat lahirnya kembali ketika memasuki minggu kedua. Berat bayi akan bertambah 30 gram setiap harinya. Dalam 1 bulan panjang badan bayi juga akan bertambah sekitar 3-4 cm dari panjang lahirnya.

Bayi 1-3 Bulan

Pada tahap tumbuh kembang bayi 1-3 bulan ini, berat bayi akan bertambah sekitar 680-910 gram setiap bulannya. Panjang badan akan bertambah sekitar 2,5 cm setiap bulannya. Lingkar kepala juga akan bertambah sekitar 1,25 cm setiap bulan.

Pada tahap ini, anak biasanya sudah bisa mengangkat kepala dan dadanya ketika berada dalam posisi tengkurap. Perkembangan bayi 3 bulan ini akan terasa lebih menyenangkan untuk para ibu, karena bayi mulai bisa berinteraksi lebih maksimal.

Bayi 4-6 Bulan

Pertumbuhan bayi pada usia ini, sudah memiliki berat badan sekitar 2 kali berat lahir. Panjang badannya bertambah sekitar 1,25-2,5 cm per bulannya. Lingkar kepala juga bertambah sekitar 1,25 cm per bulannya. Pada tahap tumbuh kembang bayi ini, anak biasanya sudah bisa sudah mulai bisa kontak mata dengan orang sekitar.

Bayi 7-9 Bulan

Pada tahap ini pertumbuhan bayi umumnya bertambah berat sekitar 450 gram setiap bulannya. Biasanya bayi laki-laki akan lebih berat dibandingkan perempuan. Setiap bulannya bayi akan bertambah sekitar 1,25 cm dan lingkar kepala 0,6 cm.

Di tahap tumbuh kembang bayi  ini, anak biasanya sudah bisa merangkak dan mendorong sedikit demi sedikit badannya menggunakan lengan atau kaki, serta merangkak menggunakan tangan dan lutut.

Bayi 10-12 Bulan

Bayi akan meraih 3 kali berat badan lahirnya pada saat usia 1 tahun. Panjang badan dan lingkar kepala akan bertambah sekitar 0,6 cm per bulannya. Pada tahap ini, anak biasanya sudah bisa berdiri sendiri bahkan berjalan tanpa bantuan orang lain, Menunjuk benda yang mereka inginkan untuk mendapatkan perhatian.

Tahap tumbuh kembang bayi  di atas merupakan gambaran perkembangan bayi 0-12 bulan yang tidak boleh Anda lewatkan selama masa pertumbuhannya.

Rewriter : Raudatul Fitrah
sumber : Health.Detik.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE