oleh

Tahu Petis Khas Jawa Timur yang Menggugah Selera

PortalMadura.Com – Tahu petis salah satu jajanan khas yang populer di Jawa Timur. Tahu petis merupakan tahu goreng yang diisi dengan sambal petis dan beberapa bahan tambahan lain. Petis sendiri adalah salah satu bumbu yang merupakan produk sampingan dari pengolahan udang, ikan atau daging.

Tahu petis ini rasanya sangat lezat dengan aroma khas petis yang tidak ditemui dalam sambal jenis lain. Tahu yang kita gunakan adalah tahu putih biasa atau tahu goreng yang sudah jadi. Biar lebih enak, sebaiknya kita menggoreng sendiri dari tahu putih yang dibumbui dengan bawang putih dan garam.

Rasanya dijamin lebih top ketika dikombinasikan dengan sambal petis dan cabe rawit. Bagaimana cara membuat tahu petis yang enak? Melansir dari laman merdeka.com, berikut ini resep tahu petis khas Jawa Timur yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Bahan-bahan:
20 buah tahu pong
1 sendok teh garam halus
cabai rawit hijau

Bumbu Petis:
15 buah cabai rawit, iris halus
250 ml air
3 siung bawang putih
2 sendok makan petis hitam
1 sendok makan petis udang
1 batang daun bawang, iris halus
1 keping gula merah
1 ruas jari asam jawa
1 sendok makan tepung maizena
1 sendok makan tepung terigu
1 sendok makan kacang goreng
1 sendok makan minyak goreng
garam secukupnya
gula pasir secukupnya

Cara Membuat:
Taburi tahu pong dengan garam halus, kemudian belah dan sisihkan. Haluskan bawang putih, kacang goreng, gula merah, dan asam jawa. Uleg bersama petis hitam dan petis udang. Panaskan minyak goreng, kemudian tumis daun bawang dan cabai rawit halus.

Masukkan bumbu petis yang sudah dihaluskan tadi, kemudian tambahkan air. Aduk rata sambal petis, lalu kentalkan dengan tepung terigu dan maizena yang sudah dicampur sedikit air. Masak sampai meletup-letup, lalu bumbui dengan garam dan gula pasir secukupnya sampai Anda mendapatkan rasa yang sesuai selera.

Angkat sambal petis dari kompor dan tuangkan ke dalam mangkuk. Sajikan tahu pong yang sudah dibelah bersama sambal petis dan cabai rawit hijau di wadah terpisah. Selamat mencoba di rumah.

Rewiter : Nurul Hijriyah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar