5 Tips Agar Anak Berani Tidur Sendiri

Avatar of PortalMadura.com
5 Tips Agar Anak Berani Tidur Sendiri
Ilustrasi (alodokter.com)

PortalMadura.Com – Mendidik anak untuk tidur sendiri bukanlah perkara yang mudah, proses penyesuaian ini mungkin akan memakan waktu yang cukup lama hingga berbulan-bulan sampai anak benar-benar terbiasa tidur sendiri. Anak sudah mampu tidur sendiri ketika mereka berusia 2-3 tahun. Pada umur ini, ego anak akan berkembang sehingga sudah waktunya mereka memiliki ruang pribadi sendiri. Dengan membiasakan anak tidur sendiri sama dengan melatih kemandirian anak.

Dilansir dari laman Liputan6.Com, Senin (15/6/2020) berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua agar anak berani tidur sendiri.

Kamar Yang Nyaman
Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat anak mau tidur di kamarnya adalah memastikan kamar tersebut nyaman. Anda harus menata kamar dengan menarik sesuai dengan keinginannya. Membangun kamar sesuai dengan impian anak akan membuatnya merasa punya ruang pribadi sendiri. Anda bisa memulainya dengan memilih warna atau tokoh idola kesukaannya.

Atur Waktu Tidur
Menerapkan waktu tidur sama dengan membangun kedisiplinan. Anda dapat menentukan waktu kapan anak harus masuk ke kamarnya. Sikap ini akan membuat mereka mengenal waktu tidur yang baik.

Sebelum Tidur Pastikan Anak Dalam Kondisi Kenyang
Perut lapar atau tak terisi penuh akan membuat anak rewel dan mudah terbangun di malam hari, Pastikan anak berada dalam perut yang kenyang sebelum memejamkan matanya.

Tempatkan Lampu Hangat
Meskipun membiarkan ruangan gelap lebih disukai, itu mungkin tidak cocok untuk semua bayi. Tetapi Anda dapat menggunakan lampu hangat sehingga bayi Anda tidak akan diintimidasi oleh kegelapan. Lampu-lampu hangat juga memberikan perasaan yang sangat santai dan damai di kamar.

Setel Musik Ringan
Musik akan membuat anak mudah tertidur pulas. Karena, musik memiliki efek menenangkan. Pilihlah musik dengan alunan lembut, instrumental ringan akan membuat anak mudah tertidur dan rileks.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.