oleh

Tahun Baru Imlek, Ansor Pamekasan Ajak Jaga Keragaman

PortalMadura.Com, Pamekasan – Tahun baru imlek 2021 jatuh pada tanggal 12 Februari. Tahun 2572 bagi warga Cina tersebut merupakan perayaan menyambut musim semi di negara Cina.

Di Indonesia banyak warga Cina yang merayakan tahun baru tersebut, biasanya tahun baru imlek identik dengan lampion dan warna merah.

Ketua PC Ansor Pamekasan, Syafiuddin menyampaikan selamat tahun kerbau logam bagi masyarakat Thionghoa. Warga Cina yang tinggal di Indonesia harus bersama-sama menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tahun baru Imlek adalah perayaan tahun baru bagi saudara-saudara kita. Kita apresiasi dan ikut bergembira dalam perayaan ini,” katanya, Jumat (12/2/2021).

Dia menambahkan, adanya perayaan tahun baru imlek di Indonesia merupakan bukti keanekaragaman budaya yang harus senantiasa dipelihara guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Keanekaragaman itu akan memperkokoh pondasi keagamaan dan kebangsaan.

“Sebagaimana Gus Dur selalu menjaga persamaan dan kesetaraan hak antar warga Indonesia. Kita harus melanjutkan perjuangan itu,” tandasnya.

Mantan aktivis PMII ini berharap bangsa Indonesia senantiasa menjaga kemajemukan yang ada di tanah air dengan selalu memerhatikan kaidah dalam usul fiqh yang berbunyi “Almuhafazda ala qodim al sholih wal ahkzdu bi al jadidil ashlah,” yakni menjaga hal-hal lama yang baik dan mengambil hal baru yang lebih baik.(*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Raudatul Fitrah

Komentar